Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, status sosial ekonomi dan konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup yang dimediasi financial literacy (Studi Kasus pada Siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Gorontalo) / Isnahriyati S. Auna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, status sosial ekonomi dan konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup yang dimediasi financial literacy (Studi Kasus pada Siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Gorontalo) / Isnahriyati S. Auna

Auna, Isnahriyati S. (2013) Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, status sosial ekonomi dan konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup yang dimediasi financial literacy (Studi Kasus pada Siswa kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Gorontalo) / Isnahriyati S. Auna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pendidikan ekonomi di keluarga status sosial ekonomi konformitas teman sebaya financial literacy gaya hidup. Globalisasi memungkinkan masuknya nilai-nilai budaya dan trend gaya hidup dari berbagai pelosok dunia yang kemudian diadopsi oleh masyarakat lewat perantara media masa seperti munculnya budaya kapitalis yang menuntut gaya hidup tinggi yaitu gaya hidup yang konsumtif. Hal ini terjadi apabila adanya dukungan serta pengaruh dari lingkungan sekitar khususnya lingkungan keluarga dan lingkungan pertemanan serta status sosial ekonomi. Dengan demikian diperlukan adanya financial literacy siswa. Berkaitan dengan itu diperlukan pembahasan mengenai pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga status sosial ekonomi konformitas teman sebaya terhdap gaya hidup yang akan dimediasi oleh financial literacy. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap gaya hidup siswa SMA negeri se-kota Gorontalo (2) pengaruh status sosial ekonomi terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo (3) pengaruh konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo (4) pengaruh financial literacy terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo (5) pengaruh Pendidikan ekonomi di keluarga terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo (6) pengaruh status sosial ekonomi terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo (7) pengaruh konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-kota Gorontalo. Dalam penelitian ini juga bertujuan pada pengujian mediasi yaitu variabel financial literacy yang berawal dari inkosistensi temuan dari peneliti-peneliti sebelumnya sehubungan dengan pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga status sosial ekonomi dan konformitas teman sebaya terhadap gaya hidup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo kelas XI IPS tahun ajaran 2012-2013 yang telah banyak belajar dari pengalaman tentang mengelola keuangan dan telah menempuh pendidkan ekonomi di sekolah. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis jalur. Temuan penelitian menunujukan bahwa (1) pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (2) status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (3) konformitas teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (4) Financial Literacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap gaya hidup siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (5) pendidikan ekonomi di keluaarga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (6) status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo (7) konformitas teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup melalui financial literacy siswa SMA Negeri se-Kota Gorontalo. Merujuk pada hasil penelitian dapat disarankan bahwa pentingnya kesadaran siswa untuk menerapkan pola hidup sederhana yaitu tidak berlebih-lebihan dalam mengkonsumsi barang dan jasa berpikir rasional dalam memilih barang bukan karena ikut-ikutan selalu belajar hidup hemat dan tidak terpengaruh oleh teman sebaya yang cenderung memilliki gaya hidup tinggi. Begitupula siswa tidak harus terpengaruh dengan tingginya status sosial ekonomi orang tua karena akan menyebabkan sikap konsumtif yang nantinya mempengaruhi gaya hidup. Siswa juga perlu meningkatkan sosialisasi dengan orang tua karena dapat mempengaruhi pendidikan ekonomi dalam keluarga. Dengan demikian memberikan kontribusi khususnya dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang memiliki peran untuk membiasakan anak atau siswa untuk selalu mengajarkan bagaimana pola hidup sederhana karena akan mempengaruhi perilaku dan masa depan siswa selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61191

Actions (login required)

View Item View Item