Septiana, Aldila (2013) Pengaruh economics literacy terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh nilai-nilai budaya lokal dan promosi pada siswa SMA negeri se Kota Pamekasan / Aldila Septiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci economics literacy nilai-nilai budaya lokal promosi perilaku konsumsi Pada dasarnya perilaku manusia harus lebih bersifat rasional dalam perilaku konsumsinya. Namun pada kenyataannya perilaku manusia khususnya perilaku konsumsi lebih mengarah pada perilaku konsumtif (emosi) cenderung terjadi di kalangan siswa yang akan beranjak remaja. Fenomena perubahan sosial budaya yang semakin beragam beraneka macam jenis kebutuhan manusia yang harus dipenuhi serta semakin menjamurnya pusat pertokoan dan perbelanjaan. Perilaku konsumsi juga dipengaruhi oleh nilai-nilai budaya lokal yang ada dalam lingkungan keluarga. Terkait dengan konsep economics literacy yang dilatarbelakangi bahwa semua aspek kehidupan berkaitan dengan masalah ekonomi untuk membentuk sikap yang rasional dalam berkonsumsi di kalangan siswa. Melalui promosi terbukti bahwa ketika produsen menawarkan sebuah produk produsen berusaha untuk menciptakan kesan positif dari produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh economics literacy terhadap perilaku konsumsi melalui nilai-nilai budaya lokal dan promosi pada siswa SMA. Model mediasi yang digunakan berpijak pada argumen teori kajian empiris dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN se Kota Pamekasan (Kelas XI IPS tahun ajaran 2012/ 2013). Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat economics literacy berpengaruh langsung yang signifikan terhadap nilai-nilai budaya local (2) tingkat economics literacy berpengaruh langsung yang negatif dan signifikan terhadap promosi (3) tingkat economics literacy berpengaruh langsung yang negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (4) nilai-nilai budaya lokal berpengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (5) promosi berpengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi (6) tingkat economics literacy berpengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap perilaku konsumsi melalui serapan nilai-nilai budaya lokal dan (7) tingkat economics literacy berpengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap perilaku konsumsi melalui serapan promosi. Bertitik tolak dari temuan ini dapat disarankan bahwa (1) kepada guru mata pelajaran Ekonomi sebaiknya dalam memberikan materi pelajaran tidak hanya untuk mencapai ketuntasan belajar siswa tetapi juga lebih memberikan contoh dalam berperilaku konsumsi sehingga siswa mampu berperilaku konsumsi yang lebih rasional sesuai dengan tujuan pembelajaran ekonomi dan (2) Kepada guru orang tua dan masyarakat untuk selalu memberikan dukungan dan contoh kepada siswa dalam belajarnya sehingga siswa mampu lebih berperilaku konsumsi yang lebih rasional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61188 |
Actions (login required)
View Item |