Pengaruh efektifitas mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap hasil belajar akuntansi yang dimediasi motivasi belajar (studi pada pengalaman belajar siswa IPS kelas XII SMA Negeri se-kota Ponorogo) / Budhi Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh efektifitas mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap hasil belajar akuntansi yang dimediasi motivasi belajar (studi pada pengalaman belajar siswa IPS kelas XII SMA Negeri se-kota Ponorogo) / Budhi Setiyawan

Setiyawan, Budhi (2013) Pengaruh efektifitas mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap hasil belajar akuntansi yang dimediasi motivasi belajar (studi pada pengalaman belajar siswa IPS kelas XII SMA Negeri se-kota Ponorogo) / Budhi Setiyawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiyawan Budhi. 2013. Pengaruh Efektifitas Mengajar dan Sarana Prasarana Pendidikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi yang dimediasi Motivasi Belajar (Studi pada pengalaman belajar siswa IPS kelas XII SMA Negeri se-kota Ponorogo). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci efektifitas mengajar sarana prasarana pendidikan motivasi belajar hasil belajar akuntansi. Peningkatan mutu pendidikan selalu diupayakan secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menghasilkan kompetensi lulusan yang berkualitas dan mempunyai daya saing tinggi menuju peradaban bangsa yang lebih baik dimasa mendatang. Terdapat dua faktor dominan yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Pendekatan pengajaran mata pelajaran Akuntansi mempunyai karakteristik yang berbeda antara siswa satu dengan yang lain karena pada pembelajaran akuntansi siswa tidak hanya dibekali penguasaan pada ranah pengetahuan dan sikap tapi juga keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh langsung efektifitas mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap motivasi belajar (2) Pengaruh langsung efektifitas mengajar sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi (3) pengaruh tidak langsung efektifitas mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap hasil belajar akuntansi yang dimediasi oleh motivasi belajar pada siswa IPS kelas XII SMA Negeri se-kota Ponorogo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan antar variabel yang bersifat asosiatif kausalitas serta digambarkan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan pada siswa IPS kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) se-kota Ponorogo dengan sampel sebanyak 158 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan tehnik proporsional random sampling menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan dengan instrumen melalui angket untuk variabel efektifitas mengajar sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar sedangkan untuk variabel hasil belajar akuntansi dikumpulkan dengan dokumentasi. Tehnik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh langsung Efektivitas Mengajar dan sarana prasarana terhadap Motivasi Belajar (2) terdapat pengaruh langsung signifikan Efektivitas Mengajar Sarana Prasarana Pendidikan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi (3) terdapat pengaruh signifikan Efektivitas Mengajar dan sarana prasarana pendidikan terhadap Hasil Belajar Akuntansi melalui Motivasi Belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut (1) Peran guru sebagai motivator harus ditingkatkan. (2) ketersediaan Sarana prasarana pendidikan perlu ditambah contohnya laboraturium akuntansi. Sarana prasarana pendidikan yang sudah ada di sekolah lebih dioptimalkan penggunaannya secara tepat. (3) Guru akuntansi sebaiknya memberikan nilai akuntansi kepada siswa secara objektif. (4) kepada peneliti lain disarankan untuk meneliti faktor- faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa selain yang ada dalam model penelitian ini sebagai pengembangan. Penelitian ini mempunyai beberapa keterbatasan diantaranaya dengan persepsi siswa maka ada kecenderungan bahwa siswa dalam menilai guru dan pemanfaatan sarana prasarana pendidikan di sekolah masih bersifat subjektif. Implikasinya secara teoritis penelitian ini memperkuat pendapat dari beberapa ahli yang menyatakan bahwa efektifitas mengajar sarana prasarana pendidikan dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61187

Actions (login required)

View Item View Item