Pengaruh gaya kognitif, pengetahuan sebelumnya, dan gender terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nunuk Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kognitif, pengetahuan sebelumnya, dan gender terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nunuk Suryanti

Suryanti, Nunuk (2013) Pengaruh gaya kognitif, pengetahuan sebelumnya, dan gender terhadap hasil belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1 mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang / Nunuk Suryanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gaya Kognitif Pengetahuan Sebelumnya Gender Hasil Belajar AKM I Mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I (AKM I) memiliki esensi yang cukup penting dalam kurikulum Jurusan Akuntansi antara lain sebagai dasar banyak mata kuliah level atas selanjutnya sehingga sering dikatakan sebagai prediktor keberhasilan mahasiswa dalam jurusan akuntansi (Carrington 2012 Choo Lindsay Tan 2010). Oleh karena itu perlu untuk mengkaji lebih lanjut variabel yang mempengaruhi hasil belajar AKM I. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh gaya kognitif pengetahuan sebelumnya dan gender terhadap hasil belajar AKM I. Dari banyak penelitian yang pernah dilakukan tentang beberapa variabel yang mempengaruhi hasil belajar AKM I dalam penelitian ini memfokuskan pada variabel gaya kognitif dikarenakan gaya kognitif bisa memprediksi kemampuan problem solving yang dibutuhkan dalam rangka keberhasilan dalam menempuh AKM I kemudian pengetahuan sebelumnya yang dimiliki mahasiswa sebelum menempuh AKM I dimana semakin komprehensif pemahaman siswa akan Pengantar Akuntansi 1 dan 2 juga akan mempermudah dalam belajar AKM I. Terakhir Gender apakah mahasiswa perempuan atau laki-laki yang lebih banyak berhasil dalam mata kuliah AKM I dengan demikian bisa digunakan untuk mengatur strategi pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independent tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar AKM I sehingga bisa disarankan untuk mendongkrak hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan pendidik sebaiknya menyesuaikan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik gaya kognitif mahasiswa kemudian mengingat esensi penting pengetahuan sebelumnya bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak jurusan untuk mengambil kebijakan standar nilai minimal untuk kedua mata kuliah yaitu PA 1 dan 2 sebelum mengambil mata kuliah AKMI. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan desain penelitian eksperimen dan menguji coba kembali pada universitas swasta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61186

Actions (login required)

View Item View Item