Efektivitas model inkuiri sosial yang dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi (Studi kasus eksperimen pada siswa kelas X MAN 2 Jember) / Sendy Andrie Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model inkuiri sosial yang dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi (Studi kasus eksperimen pada siswa kelas X MAN 2 Jember) / Sendy Andrie Wijaya

Wijaya, Sendy Andrie (2013) Efektivitas model inkuiri sosial yang dikontrol dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran ekonomi (Studi kasus eksperimen pada siswa kelas X MAN 2 Jember) / Sendy Andrie Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sendy Andrie Wijaya 2013. Efektivitas Model Inkuiri Sosial Yang Dikontrol Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ekonomi. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW M.A. M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd M.M. Kata kunci inkuiri sosial kemampuan berpikir kritis hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran inkuiri sosial merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif menekankan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis dalam mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan terutama pada mata pelajaran ekonomi sehingga dapat meningkatkan potensi intelektualitas siswa. Dengan potensi intelektualitas yang tinggi akan menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji keefektifan model inkuiri sosial dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Menguji keefektifan model inkuiri sosial dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. (3) Menguji interaksi antara model inkuiri sosial dengan kemampuan berpikir kritis siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan quasai experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Jember. Sampel penelitian ini sebanyak 4 kelas yang diambil secara acak yaitu 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan 2 kelas sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan peneliti mengukur kemampuan awal siswa dari nilai ulangan mata pelajaran ekonomi untuk diuji homogenitas dan normalitas agar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki kemampuan awal yang hampir sama. Peneliti juga melakukan validasi dan uji coba instrumen. Instrumen berupa instrumen hasil belajar instrumen berpikir kritis dan perangkat pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bahwa hasil yang diperoleh dari pembelajaran inkuiri sosial lebih efektif daripada pembelajaran konvensional penelitian ini menunjukkan bahwa hasil Fhitung 87 827 945 (0 05) (2) Pembelajaran inkuiri sosial lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi maupun rendah dengan Fhitung 58 647 Ftabel 4 00 dan Fhitung 33.394 Ftabel 3 96 (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan Fhitung 2 165 Ftabel 3 91. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan di atas disarankan sebagai berikut (1) Siswa untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan intelektualnya secara bebas dalam hal memecahkan masalah. (2) Seorang guru diharapkan mampu mendekati mengenali menggali dan mengembangkan potensi-potensi belajar anak melalui kognisi pengetahuan dan pengalamannya selama ini. (3) Bagi peneliti selanjutnya bisa dilakukan pengujian model pembelajaran yang nantinya berpengaruh pada peningkatan kemampuan berpikir kritisnya dan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61185

Actions (login required)

View Item View Item