Penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi / Warsino - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi / Warsino

Warsino (2013) Penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi / Warsino. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Warsino. 2013. Penerapan Model Investigasi Kelompok dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A M.Si. (II) Dr. Heri Pratikto M.Si. Kata kunci model investigasi kelompok peta konsep dan hasil belajar. Perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada siswa mendorong guru untuk melakukan pembaharuan dalam proses belajar mengajar sehingga hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Kenyataannya hasil belajar masih rendah penyebabnya adalah tindakan guru yang tidak mendorong siswa aktif. Pembelajaran ekonomi di SMA Brawijaya Smart School selama ini masih terfokus pada guru dan kurang melibatkan peran serta siswa. Guru menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional yaitu metode ceramah lebih banyak menekankan pada hafalan terhadap materi yang dipelajari bukan pada kegiatan yang berorientasi kepada siswa dan kegiatan kelompok. Penyampaian materi pelajaran yang menyebabkan kebosanan dan tidak melibatkan peran aktif siswa mengakibatkan hasil belajar siswa turun. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa. Model pembelajaran yang sesuai dengan permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok dengan peta konsep. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dengan peta konsep dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang (2) apakah penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang dan (3) adakah kendala yang ditemukan selama pelaksanaan penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dengan peta konsep pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus empat kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan Pebruari-April 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas X2 SMA Brawijaya Smart School Malang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi tes hasil belajar penilaian presentasi lisan penilaian peta konsep catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa Peningkatan keaktifan siswa sebesar 3 12% dari siklus I perolehan nilai rata-rata 79 68 sedangkan pada siklus II sebesar 82 80 (2) penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II untuk aspek kognitif meningkat sebesar 13 58% dari siklus I rata-rata nilai ekonomi 67 13 menjadi 80 66 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model investigasi kelompok dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas X2 SMA Brawijaya Smart School Malang. Disarankan agar guru dapat menerapkan model invetigasi kelompok dengan peta konsep dalam proses pembelajaran dengan menyesuaikan karakteristik mata pelajaran. Bagi sekolah agar mensosialisasikan model pembelajaran investigasi kelompok dengan peta konsep kepada para guru sehingga mutu luaran sekolah akan meningkat. Bagi peneliti lanjut dapat mengkombinasikan model investigasi kelompok dan peta konsep dengan model pembelajaran lain supaya hasil belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61184

Actions (login required)

View Item View Item