Peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi melalui model numbered heads together di kelas IV SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Ratih Putri Absari

Absari, Ratih Putri (2016) Peningkatan hasil belajar IPS materi koperasi melalui model numbered heads together di kelas IV SDN Sumberdiren 01 Kabupaten Blitar / Ratih Putri Absari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Absari, Ratih. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Numbered Heads Together di Kelas IV SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah, FIP Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. H. Hadi Mustofa, M.Pd, (2) Dr. H. Alif Mudiono, M.Pd. Kata kunci: peningkatan, ips, model numbered heads together Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran IPS dengan materi sumber daya alam di kelas IV SDN Sumberdiren 1 Kabupaten Blitar diketahui bahwa: (1) pembelajaran berpusat pada guru, (2) guru selalu menggunakan model ceramah, (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, dan (4) suasana pembelajaran kurang menyenangkan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, yaitu dari 14 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, yaitu 75 sedangkan sebanyak 11 siswa dinyatakan belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model NHT pada pembelajaran IPS dengan materi koperasi, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi koperasi dengan menggunakan model NHT. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, persentase kemampuan guru dalam menggunakan model NHT pada siklus I adalah 84% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95%, dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 55 dengan ketuntasan klasikal mencapai 21%. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74 dengan ketuntasan klasikal 64%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 86% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapal model NHT dilaksanakan guru dengan sangat baik, dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar IPS siswa kelas IV dari kurang sekali, menjadi baik. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model NHT pada pembelajaran IPS materi yang lain, dan bagi sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap dan pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item