Pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi, matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa dikategorikan berdasarkan gaya belajar (studi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha) / M. Rudi Irwansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi, matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa dikategorikan berdasarkan gaya belajar (studi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha) / M. Rudi Irwansyah

Irwansyah, M. Rudi (2013) Pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi, matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa dikategorikan berdasarkan gaya belajar (studi pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha) / M. Rudi Irwansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan bisnis minat gaya belajar pemahaman akuntansi Seseorang yang memiliki pemahaman akuntansi adalah orang yang menguasai akuntansi sebagai informasi bisnis mampu menginterpretasi serta mampu mengembangkan informasi sehingga dapat dikembangkan. Pemahaman akuntansi yang dimiliki seseorang merupakan hasil dari proses beajar akuntansi. Secara teoritis hasil belajar dipengaruhi oleh pengetahuan awal yaitu dasar-dasar akuntansi dan pengetahuan matematika. Selain itu hasil belajar juga dipengaruhi oleh keinginan dari dalam diri pebelajar untuk belajar akuntansi yaitu minat yang dimiliki. Perbedaan karakteristik gaya belajar mahasiswa diduga ikut berpengaruh dalam proses belajar yang dilakukan sehingga pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan minat terhadap pemahaman akuntansi akan dibedakan berdasarkan karakteristik gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi terhadap pemahaman akuntansi 2)mengetahuipengaruhhasil belajar matematika ekonomi dan bisnis terhadap pemahaman akuntansi 3) mengetahui pengaruh minat terhadap pemahaman akuntansi dan 4) mengetahui pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha angkatan tahun 2009-2012 dengan jumlah 156 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 110 responden yang ditetapkan dengan purposive sampling. Data penelitian ini didapat dari hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan bisnis akuntansi keuangan menengah I dan tes untuk minat dan gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis regresi dan analisis Chow Test. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis penelitian terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis. Analisis data termasuk pengujian asumsi dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar dasar-dasar akuntansi berpengaruh positif terhadap pemahaman (2) hasil belajar matematika ekonomi dan bisnis berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi (3) minat berpengaruh positif terhadap terhadap pemahaman akuntansi dan (4) tidak ada perbedaan pengaruh hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan bisnis dan minat terhadap pemahaman akuntansi dikategorikan berdasarkan gaya belajar. Dari penelitian ini dapat diajukan saran sebagai berikut dalam proses pengelompokan mahasiswa ke dalam Prodi Pendidikan Akuntansi dapat melakukan seleksi dengan menggunakan hasil belajar dasar-dasar akuntansi matematika ekonomi dan bisnis dan minat. Dan untuk penelitian selanjutnya dapat melakukan pengembangan dengan menggunakan instrumen untuk mengukur pemahaman akuntansi sehingga hasil yang diperoleh lebih representatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61177

Actions (login required)

View Item View Item