Ulfa, Indama Maria (2013) Implementasi pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan berbasis masalah untuk meningkatkan sikap kesadaran lingkungan siswa di SMAN 10 Malang / Indama Maria Ulfa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Ekonomi berwawasan lingkungan Berbasis Masalah sikap siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam berpikir kritis dan kreatif serta meningkatkan sikap kesadaran siswa akan lingkungan melalui pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan berbasis masalah pada siswa di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini terdapat 3 siklus dimana dalam masing-masing siklus terdapat 4 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 25 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan di SMAN 10 Malang. Pengukuran sikap siswa dilakukan di tiap akhir siklus dengan menggunakan skala sikap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan berbasis masalah dapat mempermudah siswa dalam mengaplikasikan materi pelajaran dengan kehidupan nyata sehingga pembelajaran akan dialami siswa sendiri dan siswa belajar dengan alamiah dan konstruktivistik. Akibatnya siswa semakin bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada tindakan siklus 1 menunjukkan perolehan presentase sebesar 50% memiliki kategori rendah kemudian pada siklus 2 menunjukkan 72% memiliki kategori sedang pada tindakan siklus 3 menunjukkan perolehan presentase yaitu sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasarkan analisis hasil skala sikap kesadaran lingkungan siswa presentase sikap siswa pada aspek kognitif dari pra tindakan awalnya sebesar 35% dengan kategori rendah meningkat ke siklus 1 yaitu sebesar 60% kemudian dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 70% dengan kategori tinggi. Selanjutnya pada siklus 3 juga mengalami peningkatan sebesar 87% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada aspek afektif pada pra tindakan sebesar 37% dengan kategori rendah meningkat ke siklus 1 sebesar 55% dengan kategori sedang kemudian meningkat ke siklus 2 yaitu sebesar 62% dengan kategori sedang dan meningkat kembali ke siklus 3 sebesar 82% dengan kategori tinggi. Selanjutnya pada aspek konatif dari pra tindakan mulanya sebesar 33% dengan kategori rendah meningkat ke siklus 1 sebesar 64% dengan kategori sedang. Dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 66% dengan kategori sedang dan pada siklus 3 meningkat lagi sebesar 85% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan menunjukkan bahwa respons siswa baik dan model ini dapat diteruskan untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya dengan pengelolaan yang lebih optimal. Selain itu siswa merasa semakin peduli dengan lingkungannya dan semakin mengerti bahwa pembelajaran ekonomi berwawasan lingkungan ternyata sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61176 |
Actions (login required)
View Item |