Pengaruh pemanfaatan internet dalam pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X / H. Hasir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan internet dalam pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X / H. Hasir

Hasir, H. (2013) Pengaruh pemanfaatan internet dalam pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X / H. Hasir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran pemanfaatan internet konvensional motivasi berprestasi hasil belajar. Secara umum pembelajaran di sekolah sampai saat ini masih menunjukkan adanya dominasi guru dalam pembelajaran. sehingga proses pembelajaran kadangkala hanya menjadi kegiatan transfer pengetahuan dari guru ke siswa. Perubahan paradigma dari pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) menjadi pembelajaran berpusat pada siswa (student centered) merupakan salah satu upaya penting untuk dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap siswa menjadi lebih aktif belajar. Kemajuan peradaban yang didorong oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perubahan peran guru dalam proses belajar mengajar. Perubahan peran guru dalam proses belajar mengajar diantaranya peran guru yang selama ini sebagai hanya sumber pengetahuan atau informasi hendaknya menjadi fasilitator motivator dan evaluator. Perubahan tersebut juga akan turut mengubah paradigma proses belajar mengajar menjadi proses pembelajaran. Paradigma baru pembelajaran seharusnya memberikan peluang kepada para siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar dan strategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan aktivitas dan membantu pemahaman siswa. Strategi pembelajaran dengan memanfaatkan internet dipandang sesuai dengan kebutuhan dan mampu mengakomodasi pengetahuan yang sepatutnya dikuasai oleh siswa. Strategi pembelajaran dengan memanfaatkan internet berorientasi aktivitas berpusat pada siswa dan berdampak positif terhadap siswa yang memiliki pemahaman rendah untuk meningkatkan pemahamannya. Selain dari penerapan strategi pembelajaran yang tepat motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor yang diprediksi mempengaruhi hasil belajar. Sehingga motivasi berprestasi menjadi salah satu unsur penting untuk diperhatikan dalam merencanakan pembelajaran. Olehnya itu motivasi berprestasi menjadi salah satu variabel yang penting dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memanfaatkan internet dalam pembelajaran dan kelompok siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional (2) menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan (3) menguji pengaruh interaksi dari strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen kuasi dengan menggunakan desain faktorialnonequivalent control group desain versi faktorial 2 x 2.Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Tanah Grogot Kabupaten Paser provinsi Kalimantan Timur pada kelas X Semester II tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 6 kelas (Kelas X-a sampai X-f). Sampel penelitian adalah siswa kelas X-b sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-f sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan melakukan pretest pada seluruh kelas X (X-a sampai X-f) untuk mendapatkan dua kelas dengan nilai yang setara sebagai kelas perlakuan. Selanjutnya masing-masing kelas perlakuan dibagi dua kelompok siswa yakni kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Sehingga dalam penelitian ini terdapat empat kelompok perlakuan berbeda yaitu (1) strategi pembelajaran dengan memanfaatkan internet pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (2) strategi pembelajaran dengan memanfaatkan internet pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) strategi pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan (4) strategi pembelajaran konvensional pada kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 57 orang. Hipotesis penelitian diuji dengan statistik Faktorial anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa kelas X antara kelompok siswa yang diberi perlakuan memanfaatkan internet dalam pembelajaran dan kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan strategi pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi kelas X antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (memanfaatkan internet dalam pembelajaran dan konvensional) dan motivasi berprestasi siswa (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar ekonomi kelas X. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar kepada para guru ekonomi khususnya kelas X dapat menerpakan strategi pembelajaran yang inovatif seperti strategi pembelajaran dengan memanfaatkan internet karena strategi pembelajaran ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61175

Actions (login required)

View Item View Item