Implementasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Sehani Asri Miningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Sehani Asri Miningsih

Miningsih, Sehani Asri (2013) Implementasi pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Banyuwangi / Sehani Asri Miningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kewirausahaan Arah kebijakan pemerintah memberikan pembelajaran kewirausahaan adalah agar peserta didik dapat meningkatkan dan mengembangkan kecakapan hidup serta dapat mengaktualisasikan diri dalam perilaku wirausaha. Kompetensi kewirausahaan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut (a) Memahami dunia usaha dalam kehidupan sehari-hari (b) Berwirausaha dalam bidangnya (c) Menerapkan perilaku kerja prestatif (d) Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha. Standard kompetensi yang harus dikuasai peserta didik adalah dapat mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha menerapkan jiwa kepemimpinan merencanakan usaha kecil dan mengelola usaha kecil. Pembelajaran kewirausahaan memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang serius agar mencapai tujuan. Oleh karena itu peneliti meneliti implementasi pembelajaran kewirausahaan dengan melihat persepsi guru RPP dan pelaksanaan proses pembelajaran agar dapat memberikan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan agar dapat memperoleh pemahaman dan interpretasi mendalam tentang makna dari fenomena yang ada di lapangan. Sedangkan sifat atau kategori dalam penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metodologi studi kasus (case studies). Dalam penelitian ini beberapa tahapan proses pengumpulan data yaitu (a) Survey/ observasi awal (b) Penyebaran kuesioner (c) Wawancara (d) Dokumentasi dan (e) Pengamatan. Persepsi guru terhadap pembelajaran kewirausahaan dengan latar belakang yang berbeda bervariasi akan tetapi memiliki makna yang sama pemahaman tentang pembelajaran kewirausahaan pada dimensi proses pengetahuan mengenal memahami dan menerapkan. Dimensi pengetahuan dalam pembelajaran mengarah pada dimensi pengetahuan faktual konseptual dan prosedural. Demikian pula implementasi dalam RPP. Pelaksanaan pembelajaran di kelas dilaksanakan sesuai dengan RPP meskipun masih terdapat tujuan pembelajaran yang belum tercapai dan kegiatan yang tidak terlaksana serta alokasi waktu yang tidak tepat. Implementasi pembelajaran dilakukan sesuai dengan arahan kebijakan pemerintah persepsi guru dan RPP. Tujuan pembelajaran belum dapat diimplementasikan secara menyeluruh dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu pembelajaran kewirausahaan tidak hanya dilakukan di dalam kelas tapi juga dilaksanakan dalam bentuk praktik di unit produksi di sekolah penjualan produk di masyarakat dan usaha mandiri. Dengan demikian pembelajaran kewirausahaan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan pada domain kognitif afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61173

Actions (login required)

View Item View Item