Internalisasi pendidikan karakter pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Kharisma Dana Yuangga - Repositori Universitas Negeri Malang

Internalisasi pendidikan karakter pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Kharisma Dana Yuangga

Yuangga, Kharisma Danang (2013) Internalisasi pendidikan karakter pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Kharisma Dana Yuangga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Internalisasi pendidikan karakter mahasiswa program pendidikan akuntansi Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam setiap proses pelaksanaan pengajaran semua bidang ilmu. Penelitian ini diawali dengan kekhawatiran terhadap semakin memudarnya nilai-nilai etika oleh mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi. Penelitian ini mengkaji secara mendalam tentang proses internalisasi pendidikan karakter akuntansi dalam perilaku berkarakter mahasiswa pendidikan akuntansi pada saat menempuh kegiatan PPL di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menggali lebih mendalam bagaimana proses internalisasi etika akuntansi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi dilihat dari jalur mediasinya dan 2) memaparkan bagaimana proses internalisasi pendidikan karakter akuntansi dalam perilaku mahasiswa program studi pendidikan akuntansi saat menempuh PPL. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif untuk menjawab pertanyaan diatas dalam hal ini peneliti adalah sebagai instrument utama. Data yang dihasilkan dari penelitian ini adalah ujaran-ujaran yang yang dihasilkan responden dalam wawancara adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri malang yang telah menempuh PPL tahun 2012. Dalam pengumpulan data menggunakan voice recorder/ handphone pedoman-pedoman wawancara dan catatan lapangan. Temuan penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut Internalisasi pendidikan karakter mahasiswa pendidikan akuntansi terinternalisasi melalui jalur keluarga/ orang tua berupa doktrin nasehat dan keteladanan ajaran agama berupa dogma kepatuhan terhadap ajaran agama lingkungan sekolah/guru yang berupa doktrin nasehat dan ajaran teman pergaulan refleksi individu praktek berupa pengalaman pribadi yang merupakan jalur internalisasi yang dominan dalam membentuk karakter pendidik akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi. Perilaku berkarakter mahasiswa pendidikan akuntansi diketahui dari munculnya perilaku-perilaku yang didasari pertimbangan moral berdasarkan dari karakter-karakter dasar akuntansi dalam pembelajaran matapelajaran akuntansi saat menempuh kegiatan PPL di sekolah. Perilaku mahasiswa pendidikan akuntansi itu dilandasi oleh keterbukaan dalam perilaku mahasiswa pendidikan akuntansi yang mendorong siswa untuk mau mengemukakan kesulitan-kesulitan dalam proses belajar kejujuran dalam perilaku mahasiswa pendidikan akuntansi yang mendorong siswa untuk senantiasa berbuat jujur pada saat ujian hingga muncul pertimbangan mahasiswa pendidikan akuntansi untuk mengatasi bentuk-bentuk ketidak jujuran yang dilakukan oleh siswa sehingga meminimalisir siswa dalam berbuat curang. Kejujuran diterapkan mahasiswa PPL dalam bentuk nasehat-nasehat akan kosekuensi dari perbuatan yang didapat apabila tidak jujur kebenaran dalam perilaku mahasiswa akuntansi dari mencontohkan diri untuk bersikap benar sebagai contoh yang layak untuk ditiru oleh siswa taat akan aturan yang berlaku serta mengajarkan materi pelajaran dengan benar kepada siswa dan tanggung jawab dalam perilaku mahasiswa pendidikan akuntansi dari kemauan untuk menjalankan amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan proses belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61172

Actions (login required)

View Item View Item