Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, lingkungan dan pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa SMA di Kota Madiun / Sari Mei Nokadianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, lingkungan dan pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa SMA di Kota Madiun / Sari Mei Nokadianti

Nokadianti, Sari Mei (2013) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua, lingkungan dan pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa SMA di Kota Madiun / Sari Mei Nokadianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci status sosial ekonomi lingkungan pengetahuan dasar ekonomi rasionalitas perilaku konsumsi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua persepsi siswa atas lingkungannya dan pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa SMA di Kota Madiun dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain analisis kausalitas. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII SMA di Kota Madiun yang berjumlah 834 siswa dan sampel penelitian berjumlah 130 siswa diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang memiliki pertanyaan tertutup dan diukur dengan skala linkert. Untuk menguji pola hubungan yang dibangun peneliti menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program Lisrel (Linear Stuctural Relationship). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) makin tinggi status sosial ekonomi orang tua makin tinggi tingkat pengetahuan dasar ekonomi siswa 2) makin kuat persepsi siswa atas lingkungannya makin rendah tingkat pengetahuan dasar ekonomi siswa 3) makin tinggi status sosial ekonomi orang tua makin tinggi tingkat rasionalitas perilaku konsumsi siswa 4) makin kuat persepsi siswa atas lingkungannya makin tinggi tingkat rasionalitas perilaku konsumsi siswa 5) makin tinggi tingkat pengetahuan dasar ekonomi siswa tidak memiliki pengaruh terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa 6) tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa melalui pengetahuan dasar ekonomi siswa 7) tidak terdapat pengaruh tidak langsung persepsi siswa atas lingkungannya melalui pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsi siswa Rendahnya tingkat pengetahuan dasar ekonomi siswa menjadi penyebab tidak adanya pengaruh pengetahuan dasar ekonomi siswa terhadap rasionalitas perilaku konsumsinya. Hal ini disebabkan karena sebagian besar guru masih menggunakan pembelajaran yang konvensional dan kurang relevannya buku-buku pendukung pembelajaran. Selain itu siswa juga kurang tertarik terhadap materi pembelajaran ekonomi sehingga siswa memiliki minat baca yang rendah tentang materi-materi ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61171

Actions (login required)

View Item View Item