Efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan jigsaw terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi / Nursamsu - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan jigsaw terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi / Nursamsu

Nursamsu (2013) Efektifitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan jigsaw terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi / Nursamsu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru dan motivasi belajar siswa. Guru dituntut untuk bisa menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa sehingga siswa lebih kreatif dan lebih termotivasi dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw 2) Ada tidaknya perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi motivasi belajar sedang dan motivasi belajar rendah 3) Ada tidaknya interaksi antara Model Pembelajaran dengan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi) dengan rancangan penelitian menggunakan desain faktorial 2 x 3 dengan teknik analisis varian (Two Way Anava). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII (tujuh) di SMP Negeri 1 Ponorogo pada tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas dari 9 kelas di kelas VII (tujuh) yaitu kelas VII A dan kelas VII B pada tahun pelajaran 2012-2013. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa 1) Ada perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Jigsaw 2) Ada perbedaan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi motivasi belajar sedang dan motivasi belajar rendah. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi baik pada model PBL maupun Jigsaw memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dan rendah dan 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran (PBL dan Jigsaw) dan tingkat motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi Kelas VII semester ganjil SMP Negeri 1 Ponorogo. Kata kunci problem based learning jigsaw motivasi hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61169

Actions (login required)

View Item View Item