Pengembangan bahan ajar mata kuliah ekonomi sumber daya dengan desain pembelajaran Dick, Carey and Carey pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi STKIP PGRI Nganjuk / Choiru Umatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah ekonomi sumber daya dengan desain pembelajaran Dick, Carey and Carey pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi STKIP PGRI Nganjuk / Choiru Umatin

Umatin, Choiru (2013) Pengembangan bahan ajar mata kuliah ekonomi sumber daya dengan desain pembelajaran Dick, Carey and Carey pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi STKIP PGRI Nganjuk / Choiru Umatin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendidikan Ekonomi Bahan Ajar Ekonomi Sumber Daya Desain Pembelajaran Dick Carey Carey Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar Ekonomi Sumber Daya yang meliputi bahan ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa dengan desain pembelajaran Dick Carey Carey yang valid praktis dan efektif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi STKIP PGRI Nganjuk. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan tahapan desain pembelajaran Dick Carey Carey (2009) yang terdiri dari sembilan langkah diantaranya (1) identifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis pebelajar dan konteks (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus (5) pengembangan instrumen penilaian (6) pengembangan strategi pembelajaran (7) pengembangan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif dan (9) revisi bahan/ produk pembelajaran. Hasil pengembangan berupa draft bahan ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa yang sudah diujicobakan. Hasil uji coba ahli isi untuk 3 validator rata-rata sebesar 78 42% dan berada dalam kategori valid. Hasil uji coba perorangan (keterbacaan) pengembang banyak mendapatkan perbaikan saran dan masukan. Sedangkan hasil uji coba lapangan untuk kepraktisan bahan ajar diperolah 4 08 atau 81 6% yang termasuk dalam kriteria praktis. Kriteria keefektifan bahan ajar meliputi (1) penguasaan materi melalui tes diperoleh rata-rata skor pre test dan pos test berbeda sangat signifikan sebesar 51 4 (2) aktivitas mahasiswa pada setiap jenis kegiatan masuk kriteria efektif yaitu antara (10 20)% kecuali untuk jenis kegiatan ke-7 (aktivitas mahasiswa yang tidak relevan dengan pembelajaran) antara (0 5)% dan (3) respon positif mahasiswa terhadap bahan ajar rata-rata sebesar 88 20%. Berdasarkan kriteria keefektifan bahan ajar dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Ekonomi Sumber Daya dengan menggunakan rancangan pembelajaran Dick Carey and Carey memenuhi kriteria yang valid praktis dan efektif. Saran yang diberikan adalah bahan ajar Ekonomi Sumber Daya bersifat inovatif sehingga layak untuk dilakukan diseminasi dan untuk lebih meningkatkan kualitas bahan ajar bila hendak dikembangkan lebih lanjut sebaiknya dikembangkan bahan ajar jilid 2 yang berisi panduan latihan-latihan aplikatif bagi mahasiswa dalam bentuk kumpulan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61168

Actions (login required)

View Item View Item