Puspitasari, Yuli (2013) Pembelajaran kooperatif STAD berbasis inkuiri untuk meningkatkan kreativitas dan ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi tahun pelajaran 2012-2013 / Yuli Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kreativitas Pembelajaran Kooperatif STAD inkuiri terbimbing Pelaku Ekonomi Berwawasan lingkungan. Pelajaran Ekonomi di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang persoalan ekonomi sehingga pelajaran ekonomi bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa faktafakta konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Peserta didik belumdibiasakan untuk memahami informasi dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Pendidikan ekonomi di sekolah SMP diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungan sekitar serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan ekonomi menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik memiliki kreativitas dan hasil belajar yang memuaskan. Pendidikan ekonomi diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang perekonomian. Pembelajaran inkuiri dipilih karena mampu memfasilitasi peserta didik dalam menguasai aspek produk dan proses pembelajaran ekonomi. Sintak inkuiri dikembangkan berdasar langkah metode ilmiah yang mampu memfasilitasi peserta didik menginvestigasi proses sebagaimana ilmuwan menemukan ilmu sehingga inkuiri berpotensi memberdayakan kemampuan berfikir peserta didik (Corebima 2010). Strategi inkuiri memberikan landasan pedagogik kepada guru bagaimana memberikan tahapan bantuan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Guru memberikan tahapan bantuan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok untuk menggunakan kemampuan berpikir mengkonstruksi cara menyelesaikan masalah. Peserta didik akan berperan aktif melatih keberanian berkomunikasi dan berusaha mendapatkan pengetahuannya sendiri untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61166 |
Actions (login required)
View Item |