Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar ekonomi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geger Madiun) / Irmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar ekonomi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geger Madiun) / Irmawati

Irmawati (2013) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar ekonomi (studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Geger Madiun) / Irmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Model Problem Based Learning kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar Pembelajaran Ekonomi di SMA menekankan pemberian pengalaman belajar secara langsung dengan kata lain metode pembelajaran dengan teacher-centered harus diubah menjadi student-centered. Tujuannya agar siswa mampu berpikir kritis dan kreatif serta lebih peka menghadapi masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. KTSP menekankan pembelajaran Ekonomi di sekolah harus mampu mengarahkan siswa untuk berpikir diterapkan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry). Tujuannya agar siswa mampu berpikir bekerja dan bersikap serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup (life skill). Standar isi memuat keharusan bagi guru mampu menyusun silabus serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara mandiri yang disesuaikan dengan keadaan pada tiap-tiap sekolah hal ini menunjukkan bahwa sekolah harus mampu menjadikan lingkungannya sebagai media pembelajaran yang efektif bagi siswa. Di SMA Negeri 1 Geger Madiun siswa belum aktif kualitas proses pembelajaran belum dilatihkan dan hasil belajar kognitif di bawah KKM sehingga penelitian ini ingin menerapkan pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Pengumpulan data dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei sampai 22 Mei 2012. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XA SMA Negeri 1 Geger Madiun yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XA SMA Negeri 1 Geger Madiun. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan kriteria baik sekali (BS) dan baik (B) dari siklus I sebanyak 25 siswa (78%) dan siklus II sebanyak 32 siswa (100%). Meningkatnya hasil belajar Ekonomi siswa di kelas XA SMA Negeri 1 Geger Madiun hal ini didasarkan pada peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 30 siswa (94%). Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan 7 6% dari 77 7 di siklus I dan 85 3 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka peneliti dapat memberikan saran yaitu 1) bagi guru bidang studi disarankan untuk menerapkan model pembelajaran ini pada materi dengan karakteristik yang sesuai yaitu yang berhubungan langsung dengan lingkungan dan kehidupan siswa 2) para peneliti lain yang ingin menggunakan model pembelajaran yang sama hendaknya juga meneliti aspek lain selain aspek kognitif pada hasil belajar siswa yaitu aspek afektif dan aspek psikomotor 3) para peneliti lain hendaklah menampilkan masalah dari pengamatan langsung agar siswa melihat permasalahan secara langsung dengan penugasan di luar jam pelajaran. Pada penelitian ini masalah berasal dari tayangan foto tujuannya untuk menghemat waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61164

Actions (login required)

View Item View Item