Nugroho, A. Waluyanto (2013) Evaluasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran ekonomi di SMA RSBI, Kota Malang / A. Waluyanto Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keywords KTSP evaluasi kurikulum standar penilaian model stake. Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran ekonomi di SMA RSBI Kota Malang. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran ekonomi yang dilaksanakan dalam sekolah dengan kategori RSBI apakah sudah sesuai dengan kriteria atau standar yang ditetapkan. 2) Mengetahui proses penyesuaian yang dilakukan dalam penyempurnaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran ekonomi pada sekolah RSBI di Kota Malang agar sesuai dengan standar penelitian yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi-kualitatif. Penelitian dilaksanakan memakai model Councatenate Stake dengan standar penilaian yang berasal dari Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2009. Penelitian dilaksanakan di SMAK St. Albertus Malang dan SMA Negeri 5 Malang. Sumber data penelitian berasal dari siswa guru mata pelajaran ekonomi kepala sekolah waka. Kurikulum dan dokumen. Dalam mengumpulkan data melalui studi dokumentasi wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini trianggulasi sumber data data teori dan metodologi diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan mata pelajaran ekonomi secara keseluruhan sudah sesuai standar yang ada yaitu Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2006 tentang standar kompetensi lulusan Peraturan Pemerintah No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses dan Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2007 tentang standar penilaian. Namun jika dibandigkan dengan standar penilaian sebagai sekolah kategaori RSBI yaitu Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2009 kedua sekolah yang dievaluasi masih memerlukan banyak penyesuaian apalagi sebagai sekolah dengan kategori RSBI. Proses penyesuaian yang perlu dibuat dalam penyempurnaan pelaksanaan KTSP mata pelajaran ekonomi dilakukan dengan perbaikan sumber daya manusia. Selain itu perbaikkan yang paling mendasar adalah dengan memasukkan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran ekonomi agar generasi muda mendatang menjadi generasi yang berkarakter Pancasila. Sedangkan untuk perbaikkan penilaian sebagai sekolah RSBI dilakukan dengan perbaikkan standar penilaian yang ada. Standar penilian tersebut diperkaya dengan standar-standar penilaian dari negara maju atau negara anggota OECD yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pendidikan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61163 |
Actions (login required)
View Item |