Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif dengan menggunakan metode syndicate group di SMKN 1 Bondowoso (pada mata pelajaran mengelola kartu piutang) / Aning Retno Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif dengan menggunakan metode syndicate group di SMKN 1 Bondowoso (pada mata pelajaran mengelola kartu piutang) / Aning Retno Susanti

Susanti, Aning Retno (2013) Peningkatan hasil belajar kognitif dan afektif dengan menggunakan metode syndicate group di SMKN 1 Bondowoso (pada mata pelajaran mengelola kartu piutang) / Aning Retno Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode Syndicate Group Sekolah Menengah Kejuruan Mata Pelajaran Mengelola Kartu Piutang. Tujuan akhir pendidikan nasional sangat erat hubungannya dengan program pengembangan aspek afektif tetapi pada kenyataan dilapangan tidak melakukan penilaian afektif secara sistematis hanya melakukan penilaian pada aspek kognitif saja. Hal ini juga terjadi pada pembelajaran akuntansi khususnya pada kelas XI SMKN 1 Bondowoso masih saja menggunakan metode konvensional yang hanya mengacu pada penilaian kognitif saja dengan menyuruh siswa untuk mendengar dan membaca saja tanpa dibekali dengan kecakapan untuk memecahkan masalah. Berdasarkan uraian di atas peneliti ingin mengadakan penelitian Peningkatan Hasil Belajar Afektif dan Kognitif dengan Menggunakan Metode Syndicate Group di SMKN 1 Bondowoso (Pada Mata Pelajaran Mengelola Kartu Piutang). Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap siswa kelas XI SMKN 1 Bondowoso yang terdiri dari 2 siklus. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan capaian hasil belajar kognitif maupun afektif dari siswa kelas XI SMKN 1 Bondowoso dengan menggunakan Metode Syndicate Group dan adanya keterkaitan capaian hasil belajar kognitif dengan kemampuan afektif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi wawancara dan metode tes yang dilaksanakan setelah pelaksanaan tiap-tiap siklus dalam bentuk tes formatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI SMKN 1 Bondowoso yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Syndicate Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar afektif awal 55 56% menjadi ketuntasan belajar afektif akhir 94 44% dan juga ketuntasan belajar kognitif awal 66 67% menjadi 94 44%. Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan afektif dengan hasil belajar kognitif siswa akselerasi. Artinya jika kemampuan kognitif siswa tinggi maka kemampuan afektifnya juga tinggi. Pada siklus I capaian hasil belajar kognitif dengan afektif berkorelasi secara signifikan (p 0 017) dengan besarnya koefisien korelasi sebesar 0 533 artinya antara kedua capaian berkorelasi sebesar 53 3%. Pada siklus II capaian hasil belajar kognitif dengan afektif berkorelasi secara signifikan (p 0 002) dengan besarnya koefisien korelasi sebesar 0 689 artinya antara kedua capaian berkorelasi sebesar 68 9%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka peneliti dapat memberikan saran yaitu 1) Dalam menggunakan metode Syndicate Group guru hendaknya memperhatikan ketersediaan sumber belajar yang relevan agar tidak menghambat proses penugasan siswa. Guru juga harus memperhatikan alokasi waktu dengan baik. 2) Metode Syndicate Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik afektif maupun kognitif siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bondowoso maka hendaknya metode tersebut dapat digunakan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran akuntansi terutama untuk pokok bahasan yang bersangkutan seperti pada bab Mengelola Kartu Persediaan 3) Guru hendaknya dapat memberikan penilaian berupa afektif secara langsung tidak hanya penilaian kognitif dan menghindari subjektifitas dalam melakukan penilaian afektif agar nilai yang diperoleh merupakan nilai siswa yang sesungguhnya..

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61162

Actions (login required)

View Item View Item