Profil guru ekonomi SMA di kota Malang / Syahrul Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil guru ekonomi SMA di kota Malang / Syahrul Munir

Munir, Syahrul (2013) Profil guru ekonomi SMA di kota Malang / Syahrul Munir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Komitmen Pengembangan diri Kesejahteraan Kompetensi Guru Pendidikan ekonomi pada dasarnya merupakan suatu bidang kajian tentang bagaimana menyiapkan individu manusia agar memiliki wawasan dan sikap (melek) ekonomi sesuai tuntutan perkembangan zaman. Hal tersebut senanda dengan yang diungkapkan oleh Santomero (2003) di dalam konferensi tahunan Pennsylvania Economic Association di West Chester University of Pennsylvania Amerika Serikat bahwa Pendidikan ekonomi sangat penting bagi masa depan ekonomi bangsa karena dengan pendidikan ekonomi masyarakat bisa lebih paham terhadap masalah ekonomi keuangan serta peristiwa ekonomi yang akan mempengaruhi masa depan masyarakat. Pentingnya pendidikan Ekonomi menjadikan peran seorang pendidik ekonomi menjadi sangat penting karena untuk mewujudkan SDM (pelaku ekonomi) yang bermutu yang memiliki wawasan dan sikap (melek) ekonomi sesuai tuntutan perkembangan zaman dibutuhkan pendidik (guru) ekonomi yang benar-benar berkualitas (profesional). Dengan keprofesionalannya diharapkan guru ekonomi dapat mengajarkan ilmu ekonomi dengan baik sehingga dapat menghasilkan insan/pelaku ekonomi yang benar-benar sesuai dengan tuntutan zaman. Begitu sangat strategisnya kedudukan guru sebagai tenaga professional dan pentingnya pendidikan ekonomi membuat peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian terkait dengan profil guru Ekonomi agar kita tahu bagaimana sebenarnya keadaan guru Ekonomi yang ada di lapangan dalam menjalani profesi keguruannya sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai rujukan untuk melihat kualitas guru Ekonomi dan sebagai langkah lebih lanjut untuk melakukan upaya peningkatan guru Ekonomi. Dilakukannnya penelitian ini di kota malang karena dari informasi yang diperoleh peneliti dikatakan bahwa guru-guru Ekonomi SMA di kota Malang meraih nilai yang cukup memuaskan dalam uji kompetensi Guru (UKA) secara nasional yang diselenggarakan bulan februari 2012 oleh Kemendikbud. Nilai yang diperoleh berada di atas rata-rata nasional yaitu 42 25. (kompas 2012/03/16). Hal inilah yang menjadi alasan kuat bagi peneliti untuk melihat gambaran profil dari guru Ekonomi SMA yang ada di kota Malang yang nantinya juga bisa dijadikan sebagai cermin bagi guru-guru Ekonomi di daerah lain yang dalam uji kompetensi Guru (UKA) memperoleh nilai kurang memuaskan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengungkap profil dari guru Ekonomi di kota Malang yang berkaitan dengan kompetensi guru ekonomi komitmen guru ekonomi terhadap profesi upaya pengembangan diri guru ekonomi dan kondisi status sosial ekonomi/kesejahteraan guru ekonomi. Sesuai dengan bentuk pendekatan penelitian Kualitatif dan sumber data yang akan digunakan maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan analisis dokumen observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Baik guru yang pada awalnya sudah berkeinginan atau tidak untuk menjadi guru sama-sama memiliki komitmen yang tinggi terhadap tugasnya sebagai guru. Nilai-nilai komitmen guru terhadap profesi itu sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas sebagai guru sehingga jika guru memiliki komitmen terhadap profesi maka mereka akan dapat meningkatkan performance kerja para guru (2) Upaya pengembangan diri guru dilakukan dengan mengikuti pelatihan workshop diklat seminar pembinaan bahkan guru juga ada yang mengikuti kursus bahasa Inggris IT (Ilmu dan Teknologi) untuk menunjang profesinya sebagai seorang guru. Upaya pengembangan diri guru dapat menjadikan guru ekonomi menjadi seorang profesional dalam menjalankan tugas-tugas keguruan baik di dalam kelas maupun di luar kelas (3) Guru-guru Ekonomi di kota Malang dapat dikatakan telah mampu mencapai tingkat kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari oleh karena penghasilannya cukup untuk digunakan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari membiayai pendidikan anak bahkan untuk anggaran peningkatan kualitas diri (4) Guru Ekonomi di kota Malang telah mampu menguasai kompetensi pedagogik Kompetensi kepribadian kompetensi professional dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut diperoleh dan dikembangkan dari banyaknya pengalaman mengajar dan upaya pengembangan diri guru baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini adalah untuk peneliti selanjutnya agar bisa menambah informan guru dari guru Ekonomi Madrasah Aliah (MA) agar bisa menggambarkan keadaan Guru Ekonomi secara menyeluruh di kota Malang untuk pembaca khususnya guru Ekonomi agar lebih termotivasi untuk meningkatkan lagi kualitas diri dan kemampuan dalam profesi keguruannya untuk Universitas Negeri Malang diharapkan bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada calon-calon pendidik terkait dengan gambaran guru Ekonomi di kota Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61161

Actions (login required)

View Item View Item