Keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Problem Posing (PP) terhadap keaktifan dan hasil belajar pelajaran ekonomi - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Problem Posing (PP) terhadap keaktifan dan hasil belajar pelajaran ekonomi

Pribawani, Meta (2013) Keefektifan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Problem Posing (PP) terhadap keaktifan dan hasil belajar pelajaran ekonomi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Problem Posing Keaktifan Belajar Hasil Belajar Pendidikan Ekonomi Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada pelajaran ekonomi siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi siswa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing 3) mengetahui apakah terdapat keefektifan pada penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen atau eksperimen semu untuk mengimplementasikan penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing dengan rancangan pretest-postest control group design dengan faktorial 2X2 dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandaan sebanyak 203 (dua ratus tiga) siswa yang terbagi dalam 9 (Sembilan) kelas sedangkan sampel penelitian yang bersifat purposive sampling adalah dua kelas yaitu 1 (satu) kelas untuk kelas yang diberi perlakuan Think Pair Share yakni VIII H dan 1 (satu) kelas untuk kelas yang diberi perlakuan Problem Posing yakni kelas VIII G. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dan variabel bebasnya adalah metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing. Instrumen penelitian untuk variabel terikat adalah angket keaktifan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Instrumen penelitian untuk variabel bebas adalah silabus rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kerja siswa lembar observasi. Hasil gain score yang diperoleh dari hasil pretes-postes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji t dengan bantuan program spss 19. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa pada pelajaran ekonomi dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dan Problem Posing ). Pada kelas Think Pair Share keaktifan belajar pelajaran ekonomi rata-rata sebesar 80 26 sedangkan pada kelas Problem Posing sebesar 83 45. Jadi terdapat perbedaan rata-rata sebesar 3 19 dan keaktifan belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas Problem Posing lebih tinggi daripada kelas Think Pair Share 2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi ekonomi siswa dengan penerapan pembelajaran Think Pair Share dan Problem Posing. Hasil belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan gain score pada kelas Think Pair Share rata-rata sebesar 6 79% sedangkan pada kelas Problem Posing rata-rata sebesar 14 37%. Jadi terdapat perbedaan rata-rata gain score sebesar 7 58% lebih tinggi kelas Problem Posing daripada kelas Think Pair Share 3) terdapat keefektifan pada penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi serta dinyatakan metode Problem Posing lebih efektif daripada Think Pair Share karena pada keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di kelas Problem Posing selalu menunjukkan angka yang lebih tinggi daripada kelas Think Pair Share. Pada akhirnya bisa disimpulkan juga bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi dapat ditumbuhkan dan ditingkatkan dengan metode pembelajaran kooperatif yang menarik seperti Think Pair Share dan Problem Posing. Think Pair Share dan Problem Posing melatih siswa bekerja sama dan saling membantu untuk menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Peserta didik dapat membangun pengetahuannya dari yang sederhana menuju pengetahuan yang kompleks dan melatih sikap kritis dan cara berpikir divergen serta peserta didik lebih peka terhadap masalah yang timbul di sekitarnya (keterkaitan). Guru dapat melihat sejauh mana daya serap peserta didik terhadap materi pembelajaran. Guru disarankan untuk mengimplementasikan atau menerapkan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan Problem Posing dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial-Ekonomi agar siswa merasa lebih tertarik dan lebih termotivasi serta menumbuhkan keaktifan untuk belajar yang akhirnya bisa lebih meningkatkan hasil belajar pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61160

Actions (login required)

View Item View Item