Efektivitas model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 / Wulan Mayasari Tambengi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 / Wulan Mayasari Tambengi

Tambengi, Wulan Mayasari (2013) Efektivitas model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran IPS-Ekonomi di SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 / Wulan Mayasari Tambengi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem solving konvensional aktivitas hasil belajar. Pembelajaran tidak hanya sekedar mentransfer ilmu kepada siswa tetapi bagaimana membuat siswa beraktivitas di dalam kelas. Pembelajaran dapat dikatakan sukses jika dalam prosesnya lebih banyak menekankan pada aktivitas belajar siswa. Guru lebih berperan sebagai motivator yang membuat siswa beraktivitas memonitor dan mengevaluasi hasil belajarnya dan melaksanakan kegiatan remedial pembelajaran jika dalam proses terjadi hambatan atau keterlambatan dalam mencapai tujuan yang akan dicapai. Untuk itu peneliti mencoba menerapkan alternatif pembelajaran inovatif yang dapat membuat siswa lebih aktif dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Untuk maksud tersebut peneliti memilih model pembelajaran untuk diterapkan di sekolah ini yaitu model problem solving. Pemilihan model ini diharapkan dapat mencapai target ketuntasan belajar yang diinginkan karena model ini dianggap dapat membuat siswa benar-benar aktif dalam belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji apakah ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dan konvensional apakah ada perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dan konvensional siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dan apakah model pembelajaran problem solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kuasi ekperimen (nonequivalent the pretest-postest control group design). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 1 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 39 siswa yang dibagi atas dua kelompok yang mempunyai kemampuan awal yang sama atau relatif sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dan konvensional. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem solving dan konvensional. Skor rata-rata hasil belajar siswa model problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (3) model pembelajaran problem solving lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Bagi Pembina Sekolah khususnya bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah untuk mensosialisasikan pelaksanaan pembelajaran problem solving lebih sering dilakukan dalam proses pembelajaran (2) Bagi guru pembelajaran problem solving cocok diterapkan pada materi pembentukan harga pasar dengan standar kompetensi memahami kegiatan perekonomian Indonesia (3) Bagi peneliti berikutnya hendaknya melakukan eksperimen lanjutan dengan menggabungkan atau mengkolaborasikan dua model pembelajaran tersebut yang telah terbukti efektif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61159

Actions (login required)

View Item View Item