Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar, kreativitas, minat dan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 2 Bojonegoro / Teguh Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar, kreativitas, minat dan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 2 Bojonegoro / Teguh Prasetyo

Prasetyo, Teguh (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar, kreativitas, minat dan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMAN 2 Bojonegoro / Teguh Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran kooperatif think pair share hasil belajar kreaktifitas minat siswa motivasi belajar. Model pembelajaran kooperatif adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktifitas siswa meningkatkan interaksi meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran dan akan meningkatkan motivasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu struktur kerja dalam pemecahan pada penggunaan struktur yang dirancang untuk mempengaruhi pola pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah ). meningkatkan hasil belajar 2).meningkatkan kreaktivitas belajar 3).meningkatkan minat belajar dan 4) meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran ekonomi dengan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas X SMAN 2 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah suatu pendekatan yang dilakukan dalam kelas dan bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar dengan melakukan suatu tindakan tertentu. Alasan penggunaannya adalah (1) data berlatar ilmiah artinya sesuai kenyataan selama pembelajaran ekonomi dengan metode think pair share yang berlangsung di kelas X SMAN 2 Bojonegoro semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 (2) Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yaitu pelaksana tindakan pengumpul data dan menganalisis data (3) lebih mementingkan segi proses dari pada hasil artinya kejadian-kejadian yang berada di lokasi penelitian selama waktu penelitian menjadi fakta yang diamati. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian maka simpulan yang diambil peneliti ambil adalah 1).pengelolaan pelaksanaan pembelajaran pada model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pairshare pada setiap putaran mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya 2).melalui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pairshare dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam KBM. 3).dengan adanya pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-share dapat meningkatkan hasil belajar siswa 4). kreaktivitas siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-share sangat positif dari sebelumnya. 5) minat siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-share sangat positif. 6).motivasi siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan teknik think-pair-share sangat positif. Saran dari peneliti s eb a ga i b a ha n info rma s i kep ad a gu r u eko nomi t e nt a ng ke e fe kt i fa n mo d e l think pair share dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan kemampuanan pemecahan masalah siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61157

Actions (login required)

View Item View Item