Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA negeri se Kota Malang / Januar Kustiandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA negeri se Kota Malang / Januar Kustiandi

Kustiandi, Januar (2012) Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA negeri se Kota Malang / Januar Kustiandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Keluarga Pendidikan Ekonomi di Keluarga Intensitas Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Pengetahuan dasar ekonomi (Economic Literacy) Perilaku Ekonomi Siswa Perilaku ekonomi siswa dalam hal rasioanalitas ekonomi sebagai tindakan yang mencerminkan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi pada dasarnya telah dikenal oleh siswa sejak mereka berada di lingkungan keluarga maupun masyarakat tempat dimana dia tinggal. Pemahaman berikutnya melalui pendidikan di sekolah formal mulai Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Siswa merupakan pelaku ekonomi dalam hal ini bertindak sebagai konsumen. Seorang konsumen dalam melakukan tindakan konsumsi selalu bersikap rasional karena manusia adalah homoeconomicus. Rasionalitas konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengetahuan dasar ekonomi dan status sosial ekonomi seseorang pendidikan ekonomi di sekolah. Meskipun demikian perilaku yang dilihat dari rasionalitas ekonomi siswa kurang nampak. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (2) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (3) Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) (4) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi keluarga terhadap perilaku ekonomi (5) ) Pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap perilaku ekonomi (6) Pengaruh intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku ekonomi (7) Pengaruh pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) terhadap perilaku ekonomi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan menjelaskan dan menganalisis variabel tertentu secara obyektif kondisi empiris yang akan dijelaskan dan dianalisis adalah pengaruh variabel independen dan variabel dependen. penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dilihat dari hubungan antar variabel ada empat variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan dua variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sampel berjumlah 200 siswa pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan tes. Teknik angket dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang status soial ekonomi pendidikan ekonomi di keluarga intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah dan perilaku ekonomi siswa. Sementara teknik tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturkan berdasar SEM (Structural Equation Modeling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows. Hasil-hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan pada bagian sebelumnya memberikan beberapa kesimpulan antara lain sebagai berikut 1) Latar belakang sosial ekonomi keluarga berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa 2) Pendidikan ekonomi dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa. 3) Intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) siswa. 4) Latar belakang sosial ekonomi keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 5) Pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 6) Intensitas pembelajaran ekonomi di sekolah berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa. 7) Pengetahuan dasar ekonomi (economic literacy) berpengaruh terhadap perilaku ekonomi siswa SMA Negeri se Kota Malang. Saran dan rekomendasi Bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun moral dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaranyang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materi maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61156

Actions (login required)

View Item View Item