Implementasi Standar Isi (SI) mata pelajaran ekonomi SMA berdasarkan persepsi guru ekonomi SMA Negeri di Kota Malang / Dian Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi Standar Isi (SI) mata pelajaran ekonomi SMA berdasarkan persepsi guru ekonomi SMA Negeri di Kota Malang / Dian Rachmawati

Rachmawati, Dian (2012) Implementasi Standar Isi (SI) mata pelajaran ekonomi SMA berdasarkan persepsi guru ekonomi SMA Negeri di Kota Malang / Dian Rachmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci standar isi tujuan mata pelajaran ekonomi Dari delapan standar nasional pendidikan salah satu yang paling utama adalah standar isi (SI) karena SI merupakan acuan dalam proses pembelajaran di kelas. SI langsung memilahkan isi pendidikan menjadi (a) muatan lokal (b) kelompok mata pelajaran dan (c) materi pengembangan diri. Hal tersebut mengakibatkan Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang SI sebagai kebijakan resmi yang by default. Mata pelajaran Ekonomi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut (a) Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari terutama yang terjadi dilingkungan individu rumah tangga masyarakat dan negara (b) Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi (c) Membentuk sikap bijak rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi manajemen dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri rumah tangga masyarakat dan negara (d) Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk baik dalam skala nasional maupun internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan agar dapat memperoleh pemahaman dan penafsiran mendalam tentang makna dari fenomena yang ada di lapangan. Sedangkan sifat atau kategori dalam penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan metodologi studi kasus (case studies). Dalam penelitian ini beberapa tahapan dalam proses pengumpulan data yaitu (a) survey/ observasi awal (b) Penyebaran kuesioner (c) wawancara. Penafsiran rumusan tujuan SI mata pelajaran ekonomi dipersepsikan sesuai dengan background pendidikan dan latar belakang para guru hal tersebut terjadi karena tidak ada langkah operasional yang terkandung dalam SI sehingga kajian tentang rumusan tujuan mata pelajaran ekonomi masih sangat kurang. Empat rumusan yang terkandung dalam SI memiliki tingkatan aspek yaitu kogitif afektif dan psikomotor. Hal tersebut tidak disadari oleh para guru. Setiap guru mengajar namun mereka tidak menyadari bahwa ada tujuan besar yang terkandung dalam setiap proses pembelajaran di kelas. Pelaksanaan pembelajaran di kelas tidak dirumuskan berdasarkan rumusan tujuan SI. RPP dilaksanakan berdasarkan tujuan pembelajaran sedangkan tujuan pembelajarannya pun tidak mengacu pada rumusan tujuan SI. Implementasi tentu saja dilakukan sesuai dengan kebutuhan materi sehingga setiap tujuan begitu sulit untuk diimplementasikan secara menyeluruh dalam setiap pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61155

Actions (login required)

View Item View Item