Pengaruh pembelajaran kooperatif modified Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar, keaktifan, dan prestasi belajar pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Triesninda Pahlevi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif modified Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar, keaktifan, dan prestasi belajar pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Triesninda Pahlevi

Pahlevi, Triesninda (2012) Pengaruh pembelajaran kooperatif modified Think Pair Share (TPS) terhadap minat belajar, keaktifan, dan prestasi belajar pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (studi pada siswa kelas XI APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Triesninda Pahlevi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran kooperatif modified Think Pair Share (TPS) pembelajaran konvensional berbasis diskusi minat belajar keaktifan belajar prestasi belajar. Pembelajaran kooperatif modified Think Pair Share merupakan modifikasi model pembelajaran TPS dengan RoundRobin. Pembelajaran kooperatif ini ada tuntutan untuk saling bekerjasama sehingga timbul adanya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat efektif di antara anggota kelompok yang akan meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dari pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (2) Apakah ada perbedaan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dari pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi (3) Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dari pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment. Subyek penelitian terdiri dari dua kelompok kelompok ekperimen berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data prestasi belajar dilakukan dengan melaksanakan tes berupa soal pilihan ganda pengumpulan data keaktifan melalui hasil observasi selama proses pembelajaran dan pengumpulan data minat melalui hasil angket minat belajar yang diberikan kepada siswa. Validitas dan reliabilitas tes dan kuesioner minat belajar dengan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji One Sample Kolmogorov Smirnov Test untuk uji normalitas data dan uji Leven s Test of Equality of Variance untuk uji homogenitas. Analisis data dengan menggunakan analisis T-test. Hasil analisis menunjukkan (1) ada perbedaan minat belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan pembelajaran modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi dengan nilai t hitung sebesar 2 971 t tabel pada Sig 0 004 0 05) (2) ada perbedaan keaktifan belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan pembelajaran modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi dengan nilai t hitung sebesar 11 793 t tabel pada Sig 0 000 0 05) (3) ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan pembelajaran modified TPS dan pembelajaran konvensional berbasis diskusi dengan nilai t hitung sebesar 2 055 t tabel pada Sig 0 044 0 05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61153

Actions (login required)

View Item View Item