Ani, Hety Mustika (2012) Pengembangan bahan ajar mata kuliah perpajakan dengan model Dick, Carey & Carey p[ada program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember / Hety Mustika Ani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata kunci pengembangan bahan ajar perpajakan model Dick Carey Carey. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah bahan ajar mata kuliah perpajakan yang dikembangkan dengan model Dick Carey Carey dapat meningkatkan kualitas proses kualitas hasil pembelajaran motivasi mahasiswa serta pemahaman perpajakan bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember sejalan dengan pertanyaan penelitian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah perpajakan dengan model Dick Carey Carey yang dapat meningkatkan kualitas proses kualitas hasil pembelajaran motivasi mahasiswa serta pemahaman perpajakan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah Model Dick Carey Carey terdiri atas sepuluh langkah yaitu (1) Mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) Melakukan analisis pembelajaran (3) Mengidentifikasi perilaku awal dan karakteristik pebelajar (4) menulis tujuan pembelajaran khusus (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi pembelajaran dan (10) mendesain dan menyusun evaluasi sumatif. Namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan delapan langkah pengembang tidak mengembangkan strategi pembelajaran dan tidak melakukan evaluasi sumatif. Hasil pengembangan berupa draft bahan ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa diujicobakan. Ujicoba yang telah dilakukan meliputi uji coba ahli isi mata kuliah perpajakan uji coba ahli media pembelajaran uji coba perorangan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penilaian/tanggapan dari masing-masing tahap digunakan sebagai masukan proses penyempurnaan produk pengembangan. Hasil uji coba ahli untuk bahan ajar panduan dosen dan panduan mahasiswa berada dalam kategori baik dan sangat baik. Dari hasil uji coba perorangan pengembang banyak mendapat saran dan masukan. Berdasarkan uji kelompok kecil bahan ajar termasuk kategori kategori sangat tepat. Dengan rerata persentase ketepatan 89 04% kejelasan 88 66% dan kemenarikan 80 83%. Panduan mahasiswa juga termasuk kategori sangat baik dengan rerata persentase 93 33%. Untuk uji lapangan bahan ajar termasuk kategori sangat tepat dengan rerata persentase ketepatan 89% kejelasan 80% dan kemenarikan 89%. Penilaian/tanggapan dosen pembina mata kuliah terhadap bahan ajar termasuk kategori sangat baik dengan persentase ketepatan 86% kejelasan 88% dan kemenarikan 80%. Panduan mahasiswa berada dalam kategori baik (83%) panduan dosen berada dalam kategori sangat baik (86%). Peningkatan hasil belajar mahasiswa sangat signifikan terbukti dengan adanya perbedaan nilai pretes dan nilai postes sebesar 36 5. Artinya bahan ajar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Kekuatan bahan ajar yang telah disusun adalah (1) bahan ajar disusun secara sistematis untuk digunakan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga dosen dan mahasiswa mudah untuk menggunakannya (2) bahan ajar dapat menimbulkan minat baca (3) bahan ajar ditulis untuk kepentingan mahasiswa sehingga strukturnya disesuaikan dengan karakteristik mahasiswa (4) bahan ajar mencantumkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran sehingga dalam memandu mahasiswa dalam melakukan aktivitas belajar (5) bahan ajar disusun dengan dilengkapi latihan didalamnya sehingga memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berlatih mengerjakan latihan soal secara mandiri (6) bahan ajar mengakomodasi kesulitan mahasiswa (7) bahan ajar memberikan rangkuman sehingga mempermudah proses belajar siswa (8) dilengkapi dengan panduan dosen dan panduan mahasiswa. Sedangkan kelemahan perangkat pembelajaran ini adalah bahan ajar disusun berdasarkan hanya pada karakteristik mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember sehingga bila bahan ajar ini digunakan secara luas perlu penyempurnaan atau revisi yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |