Yunikawati, Nur Anita (2012) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi keluarga terhadap financial literacy dan gaya hidup serta dampaknya pada rasionalitas konsumsi (survei pada mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi FE-UM) / Nur Anita Yunikawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci status sosial ekonomi orang tua pendidikan ekonomi keluarga financial literacy gaya hidup rasionalitas konsumsi ] Rasionalitas konsumsi seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain status sosial ekonomi orang tua pendidikan ekonomi keluarga financial literacy dan gaya hidup. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti rasionalitas konsumsi mahasiswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap financial literacy 2) apakah ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi terhadap gaya hidup 3) apakah ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa 4) apakah ada pengaruh yang signifikan pendidikan ekonomi keluarga terhadap financial literacy 5) apakah ada pengaruh yang signifikan pendidikan ekonomi keluarga terhadap gaya hidup 6) apakah ada pengaruh yang signifikan pendidikan ekonomi keluarga terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa 7) apakah ada pengaruh yang signifikan financial literacy terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa 8) apakah ada pengaruh yang signifikan gaya hidup terhadap rasionalitas konsumsi 9) apakah ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas konsumsi mahaiswa melalui financial literacy 10) apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa melalui gaya hidup 11) apakah ada pengaruh pendidikan ekonomi terhadap rasionalitas konsumsi melalui financial literacy 12) apakah ada pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap rasionalitas konsumsi melalui gaya hidup Penelitian ini dilakukan pada S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan populasi mahasiswa keseluruhan berjumlah 2426 dan diambil sampel sebanyak 131 responden. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data analisis dengan analisis path dengan bantuan komputer program SPSS 16.00 for Windows. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 2) status sosial ekonomi tua tidak berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 3) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 4) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap financial literacy mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 5) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 6) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 7) financial literacy berpengaruh terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 8) gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 9) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap rasionalitas konsumsi yang dimediasi oleh financial literacy mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 10) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap rasionalitas konsumsi yang dimediasi oleh gaya hidup mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 11) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap rasionalitas konsumsi yang dimediasi oleh financial literacy mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang 12) pendidikan ekonomi keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap rasionalitas konsumsi yang dimediasi oleh gaya hidup mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Melalui pendidikan ekonomi keluarga yang optimal diharapkan dapat meningkatkan rasionalitas konsumsi mahasiswa. Mahasiswa diharapkan lebih bersikap rasional baik dalam pemanfaat uang maupun dalam hal berkonsumsi dengan cara membuat daftar skala prioritas kebutuhan membuat catatan sumber pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Bagi penelitian selanjutnya disarankan lebih mengembangkan variabel yang ada hubungan dan pengaruhnya terhadap rasionalitas mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61148 |
Actions (login required)
View Item |