Kecenderungan perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Victry Erlitha Picauly - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecenderungan perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Victry Erlitha Picauly

Picauly, Victry Erlitha (2012) Kecenderungan perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Victry Erlitha Picauly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perilaku konsumsi pola pikir pola sikap tindakan berkonsumsi Dalam usaha mengalokasikan pendapatannya untuk konsumsi konsumen akan dihadapkan pada proses membuat keputusan terhadap produk atau jasa yang akan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sekaligus mencapai kepuasan. Harapan untuk mampu berkonsumsi secara tepat yang berguna untuk mewujudkan kemakmuran secara individu maupun secara kolektif dengan memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien jika didasari pola pikir atau mindset yang tepat sebagai pertimbangan dalam melakukan hal tersebut. Sikap seseorang merupakan hasil dari suatu proses psikologis maka hal itu tidak dapat diamati secara langsung tetapi dapat disimpulkan dari apa yang dikatakan atau dilakukannya. Penelitian ini akan mengungkapkan pertimbangan atau alasan yang mendasari mahasiswa dalam mengambil keputusan untuk melakukan tindakan yang dilihat melalui pola pikir dan pola sikap mahasiswa dalam berkonsumsi sehingga menghasilkan tindakan dalam berkonsumsi. Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu fenomenologi dengan paradigma Interpretative. Dalam pengumpulan data dipergunakan voice recorder kuisioner wawancara mendalam dan catatan lapangan. Temuan penelitian menunjukan bahwa pola pikir mahasiswa dalam berkonsumsi mempertimbangkan tiga hal yang paling utama/penting sebelum berkonsumsi yaitu (1) ketersediaan anggaran yang berkaitan dengan sumber jumlah pengalokasian anggaran untuk kebutuhan (2) prioritas kebutuhan berkaitan dengan preferensi keutamaan (3) harga barang itu sendiri berkaitan dengan tinggi dan rendah harga barang serta adanya barang subtitusi. Untuk pola sikap mahasiswa mempertimbangkan tiga hal dalam berkonsumsi yaitu (1) penggunaan anggaran berkaitan dengan membuat rencana pengeluaran pencatatan pengeluaran sebagai bahan evaluasi atau kontrol (2) cara berkonsumsi berkaitan dengan membayar atau membeli secara tunai dan cicil dan (3) gaya hidup berkaitan dengan gaya hidup sederhana atau mewah. Sedangkan tindakan berkonsumsi akan optimal dan dikatakan rasional apabila pilihan yang akan dikonsumsi merupakan kebutuhan yang paling dibutuhkan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang mampu dilakukan secara konsisten dan bertanggung jawab untuk mencapai kepuasan yang maksimal dalam berkonsumsi. Temuan penelitian menunjukan bahwa selama ini memang terjadi tanpa melihat latar belakang apapun mahasiswa setiap kali dihadapkan pada pilihan keputusan untuk berkonsumsi pasti mempertimbangkan yang pertama ketersediaan anggaran prioritas kebutuhan dan harga barang itu sendiri sebagai pola pikir mereka. Sedangkan penggunaan anggaran cara berkonsumsi dan gaya hidup sebagai pola sikap mereka. Dua hal tersebut menunjukan bahwa tindakan dalam berkonsumsi yang dilakukan mahasiswa dikatakan rasional. Dari hasil ini maka yang dilihat hanya pada perilaku konsumsi mahasiswa perempuan sehingga akan berbeda orientasinya secara spesifik jika dilihat dari perilaku konsumsi mahasiswa laki-laki yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61147

Actions (login required)

View Item View Item