Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi melalui pembelajaran berbasis masalah (studi kasus mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Baiq Fitri Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi melalui pembelajaran berbasis masalah (studi kasus mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Baiq Fitri Arianti

Arianti, Baiq Fitri (2012) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi melalui pembelajaran berbasis masalah (studi kasus mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang) / Baiq Fitri Arianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W M.A. M.Si. Kata Kunci kemampuan berpikir kritis sikap positif pembelajaran berbasis masalah Permasalahan utama dalam kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan pada mahasiswa akuntansi di offering FF Universitas Negeri Malang selama ini adalah sangat rendah nya kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi hal ini terlihat pada observasi aktivitas mahasiswa disaat kegiatan belajar mengajar dikelas. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti hasil diskusi dengan dosen mata kuliah pengantar akuntansi II maka diperoleh hasil 1) hasil belajar mahasiswa masih rendah yang terlihat dari belum tercapainya ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal dalam pembelajaran seperti yang diharapkan. 2) mahasiswa tidak banyak yang siap atau menyiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai walaupun materi pelajaran yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya sudah diketahui dan banyak mahasiswa yang merasa kebosanan dalam pembelajaran pengantar akuntasi II yang menyebabkan sikap positif mahasiswa kurang 3) aktivitas mahasiswa dalam proses pembelajaran masih rendah dan 4) mahasiswa belum mampu memecahkan suatu permasalahan dengan baik yang mencerminkan keterampilan berpikir secara kritis masih rendah. Oleh sebab itu diperlukan usaha yang serius dalam rangka upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi terhadap pembelajaran mata kuliah pengantar akuntansi II salah satunya melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian pada mahasiswa di offering FF Universitas Negeri Malang pada tahun ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada setiap siklus yaitu ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa pada siklus 1 2 dan 3. sedangkan peningkatan persentase observasi kempampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa pada saat pembelajaran pengantar akuntansi II berlangsung dapat dilihat pada analisis hasil penskoran persentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat ditunjukkan oleh persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis tiap tindakan siklus. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan saran-saran sebagai berikut (1) Model Pembelajaran berbasis masalah yang telah diterapkan pada mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang bisa dijadikan sebagai alternatif pembelajaran pengantar akuntansi II untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa (2) Dalam proses pembelajaran dosen hendaknya memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memunculkan ide-ide ataupun pertanyaan-pertanyaan baik secara lisan maupun tertulis sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa (3) Dosen hendaknya selalu memonitor pembelajaran dan menjaga berlangsungnya proses pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61146

Actions (login required)

View Item View Item