Pengaruh ecoliteracy, kesadaran lingkungan dan kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan / Suchaina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ecoliteracy, kesadaran lingkungan dan kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan / Suchaina

Suchaina (2012) Pengaruh ecoliteracy, kesadaran lingkungan dan kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan / Suchaina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kesadaran Lingkungan Ecoiteracy Kesediaan Membayar Untuk Produk Yang Ramah Lingkungan Perilaku Konsumsi Yang Berwawasan Lingkungan Kekayaan alam merupakan bagian dari faktor produksi yang tidak dapat diperbaharui dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan umat manusia di seluruh dunia. Oleh karena itu perlu adanya melek ekologi kesadaran lingkungan dan kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan dalam berperilaku konsumsi agar lingkungan bisa tetap terjaga dan sustanable karena terjadinya degradasi lingkungan 30-40% dikarenakan kegiatan konsumsi rumah tangga. Peneitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang dengan alasan mahasiswa yang termasuk tergolong konsumen remaja yang cenderung impulsive tidak realistis dan tidak hemat dalam tetapi di sisi lain mahasiswa juga merupakan golongan kaum intelek yang sudah lama menempuh pendidikan ekonomi sehingga mampu berfikir realistis dan bijak dalam bertindak sehingga dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa yang berwawasan lingkungan Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang yang selama ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh langsung positif signifikan ecoliteracy terhadap kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh langsung positif signifikan ecoliteracy terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (3) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh langsung positif signifikan kesadaran lingkungan terhadap kesediaan membayar produk yang ramah lingkungan (4) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh langsung positif signifikan kesadaran lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (5) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh positif langsung signifikan kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (6) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh tidak langsung positif signifikan kesadaran lingkungan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan melalui kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan (7) untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh tidak langsung positif signifikan ecoliteracy terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan melalui kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan. Rancangan penelitian ini adalah explanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi dan Jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Negeri Malang Sebanyak 115 mahasiswa. Sampel dipilih dengan menggunakan propotionate random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini dapat dipaparkan secara singkat sebagai berikut (1) ecoliteracy baik secara langsung maupun tidak langsung tidak memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (2) kesadaran lingkungan tidak berhubungan positif signifikan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan tetapi secara tidak langsung berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan dengan dimediasi kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan (3) penelitian kesediaan membayar untuk produk yang ramah lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (4) peningkatan perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan yang dilakukan oleh konsumen tidak dapat terlepas dari usaha-usaha yang terarah dan terpadu yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan Merujuk pada hasil penelitian ini disarankan (1) bagi Universitas Negeri malang untuk memberlakukan kurikulum yang memuat tentang perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan (2) Bagi Mahasiswa untuk lebih realstis lagi dalam melakukan kegiatan khususnya dalam perilaku konsumsi untuk produk yang ramah lingkungan (3) bagi Program studi Pendidikan Ekonomi dapat berkreasi dan berinovasi dalam kegiatan perkuliahan yang dapat berimplikasi terhadap perilaku konsumsi remaja yang berwawasan lingkungan (4) kepada para peneliti selanjutnya diharapkan kepada para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji faktor-faktor lain yang mempengaruhi perilaku konsumsi yang berwawasan lingkungan sehingga menambah hasanah dan wawasan lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61144

Actions (login required)

View Item View Item