Peran pendidikan perkoperasian bagi anggota di Koperasi Pegawai Negeri "SMK Negeri 1 Bontang" / Zahrotul Mufaroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran pendidikan perkoperasian bagi anggota di Koperasi Pegawai Negeri "SMK Negeri 1 Bontang" / Zahrotul Mufaroh

Mufaroh, Zahrotul (2012) Peran pendidikan perkoperasian bagi anggota di Koperasi Pegawai Negeri "SMK Negeri 1 Bontang" / Zahrotul Mufaroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Anggota Pendidikan Perkoperasian Koperasi sebagai member based organization anggota koperasi mempunyai tiga fungsi yang strategis sebagai pemilik pengendali dan pengguna layanan koperasi belum banyak memperoleh perhatian (Sutrisno 2011 90). Pendidikan perkoperasian dengan basis pendidikan yang diarahkan untuk anggota. Basis pendidikan yang diarahkan ke anggota dengan pertimbangan posisi sentral anggota dalam koperasi. Anggota yang menduduki posisi sentral yaitu menjadi sumber kekuatan dan berperan dominan sebagai pemilik pengendali dan pengguna dalam praktek kehidupan berkoperasi (Nirbito 2009 5). Penelitian tentang peran pendidikan perkoperasian bagi anggota menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan mendapatkan jawaban pada fokus penelitian tentang peran pendidikan perkoperasian untuk menempatkan anggota sebagai (1) pemilik (2) pengendali dan (3) pengguna layanan koperasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara yang digunakan adalah wawancara mendalam. Dokumentasi diharapkan dapat melengkapi informasi yang diperoleh dari informan. Data diperoleh dari informan dengan menggunakan purposive sampling yaitu informan dipilih sesuai dengan tujuan untuk menjawab fokus penelitian kemudian dikembangkan dengan teknik bola salju (snowball sampling) untuk melengkapi informasi penelitian. Temuan penelitian secara keseluruhan adalah Posisi anggota sebagai pemilik (1) pemahaman sebagai pemilik koperasi nampak pada partisipasi anggota sebagai pemilik untuk hadir dalam RAT (2) anggota memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan dan ikut bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil. Posisi anggota sebagai pengendali (1) mengetahui jumlah SHU secara trasparan dan adil sesuai jasanya di koperasi (2) menanyakan berapa jumlah pendapatan dan pengeluaran koperasi (3) memberikan saran pada koperasi untuk meningkatkan kebutuhan anggota ataupun kualitas layanan koperasi. Posisi anggota sebagai pengguna layanan (1) koperasi telah menyiapkan modal untuk dipinjam anggota sesuai kebutuhan (2) anggota juga dapat sebagai pemasok toko koperasi terkait dengan aktivitas ekonomi. Dari hasil penelitian dapat disampaikan saran-saran sebagai berikut Pertama KPN SMKN 1 Bontang disarankan sebagai pemilik (1) melalui media RAT anggota mendapatkan pendidikan tentang perkoperasian dan dapat dilihat kader-kader penerus kepemimpinan pengurus koperasi (2) pengurus koperasi sebaiknya memiliki pengetahuan tentang perkoperasian lebih dibanding dengan anggota (3) pendidikan bagi anggota tentang perolehan SHU. Sebagai pengendali anggota berhak memberikan masukan saran pendapat pada pengurus maupun pengawas koperasi yang bersifat membangun untuk kemajuan koperasi dan peningkatan kesejahteraan anggota. Sebagai pengguna layanan (1) koperasi berusaha mengembangan usaha koperasi dengan membuka sembako (2) memberikan kesempatan yang lebih luas pada anggota sebagai patner atau pemasok di toko koperasi untuk membantu kegiatan ekonomi anggota. Kedua pengawas dan pengurus koperasi disarankan mengerti tugas-tugasnya dan mengembangkan program pendidikan bagi anggota untuk (1) memberikan pemahaman koperasi pada anggota terutama pada anggota baru dan belum faham dalam berkoperasi (2) menempatkan posisi anggota sesuai 3 fungsinya yaitu sebagai pemilik pengendali dan pengguna layanan koperasi. Ketiga pada peneliti lain disarankan dapat mengembangkan dan menggali lebih dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan pendidikan perkoperasian dalam penerapan kehidupan berkoperasi baik koperasi primer maupun koperasi sekunder dengan pendekatan dan strategi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61143

Actions (login required)

View Item View Item