Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self - effeicacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang / Finisica Dwijayanti Patrika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self - effeicacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang / Finisica Dwijayanti Patrika

Patrikha, Finisica Dwijayanti (2012) Pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha dengan mediasi self - effeicacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang / Finisica Dwijayanti Patrika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pendidikan kewirausahaan self-efficacy minat berwirausaha Pendidikan kewirausahaan yang diberikan di SMK (SMEA) memiliki tujuan untuk merubah basis kekuatan ekonomi Indonesia. Basis perekonomian yang masih banyak mengandalkan upah tenaga kerja yang murah dan ekspor bahan mentah dari eksploitasi sumber daya alam yang tak terbarukan menjadi perekonomian yang produk-produknya mengandalkan keterampilan manusia dan mengandalkan produk-produk yang bernilai tambah tinggi serta berdaya saing global. Pendidikan kewirausahaan mengikuti asas pendidikan seumur hidup yang berlangsung kapan dan dimana saja oleh karena itu pendidikan kewirausahaan harus dimulai sejak anak masih hidup dan berkembang di dalam keluarga. Tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan masing-masing variabel penelitian minat berwirausaha pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah serta self-efficacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang 2) menjelaskan besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap terhadap self-efficacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang 3) menjelaskan besarnya pengaruh langsung serta tidak langsung pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan di sekolah terhadap minat berwirausaha siswa dengan mediasi self-efficacy siswa SMK (SMEA) di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksplanasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 261 responden yang diperoleh dengan menggunakan teknik cluster proportional random sampling. Dalam menganalisis data digunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan disekolah berpengaruh siginifikan terhadap self-effiaccy siswa. Besar pengaruh langsung dan tidak langsung pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan disekolah terhadap self-effiaccy siswa sebesar 16 10%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dalam keluarga pendidikan kewirausahaan di sekolah dan self efficacy berpengaruh siginifikan terhadap minat berwirausaha siswa. Besar pengaruh langsung dan tidak langsung pendidikan kewirausahaan dalam keluarga pendidikan kewirausahaan di sekolah dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa adalah sebesar 40 5%. Bagi sekolah perlu untuk bersikap aktif dalam pembelajaran kewirausahaan dengan mengaktifkan komunikasi dengan orang tua/ wali siswa melalui kegiatan Komite sekolah. Untuk mengintegrasikan tujuan pendidikan serta bekerjasama dengan orang tua dalam mendukung dan meningkatkan keyakinan siswa untuk menjadi wirausaha bukan hanya pencari kerja. Perlunya pendataan kembali terhadap minat siswa untuk memperbaiki pendidikan kewirausahaan di sekolah agar minat berwirausaha yang dimiliki oleh siswa dapat tersalurkan melalui kegiatan yang sesuai. Bagi peneliti yang hendak melakukan penelitian yang berkaitan dengan minat berwirausaha siswa dapat memasukkan variabel teman sebaya jenis kelamin dan faktor-faktor internal siswa serta meneliti seluruh siswa SMK secara umum di Kota Malang untuk memperkaya kajian-kajian yang terkait dengan meningkatkan minat berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61141

Actions (login required)

View Item View Item