Pola kulturasi nilai-nilai moral di SDN Ngaglik 01 Batu / Dicky Palwa Sandhi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola kulturasi nilai-nilai moral di SDN Ngaglik 01 Batu / Dicky Palwa Sandhi

Sandhi, Dicky Palwa (2016) Pola kulturasi nilai-nilai moral di SDN Ngaglik 01 Batu / Dicky Palwa Sandhi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sandhi Dicky Palwa. 2016. Pola Kulturasi Nilai-nilai Moral di SDN Ngaglik 01 Batu. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S. Pd M. Si (II) Drs. Imam Nawawi M. Si. Kata Kunci Pola Kulturasi Nilai-nilai Moral SDN Ngaglik 01 Batu Pentingnya menciptakan generasi penerus yang bermoral merupakan tanggung jawab bersama. Pemerintah pendidik orang tua serta lingkungan memiliki andil yang sangat besar dalam pembentukan moral bangsa. Suatu gene-rasi yang berintelektual dan bermoral diharapkan mampu membawa negera itu bersaing dalam persaingan global. Pembiasaan nilai-nilai moral yang dilakukan di sekolah dasar diharapkan mampu menjadi alat pembudayaan nilai-nilai moral bagi peserta didik. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pola kulturasi nilai-nilai moral yang telah diterapkan SDN Ngaglik 01 Batu.Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab masalah-masalah berikut 1) perencanaan pembiasaan nilai-nilai moral 2) pelaksanaan pembiasaan nilai-nilai moral 3) wadah yang digunakan sebagai kendaraan pembiasaan nilai-nilai moral dan 4) capaian pembiasaan nilai-nilai moral pada peserta didik SDN Ngaglik 01 Batu. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif ini menghasilkan temuan berikut 1) perencanaan pelaksanaan pembiasaan nilai-nilai moral di SDN Ngaglik 01 Batu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang terdapat pada UU No 20 Tahun 2003 Pasal 3 2) pelaksanaan pembiasaan nilai-nilai moral di SDN Ngaglik 01 Batu telah sesuai dengan tinjauan 18 nilai karakter yang disosialisasikan oleh Kemendikbud. Terkadang ada momen insidensial yang mengikuti kebijakan Pemerintah Kota Batu 3) wadah yang dijadikan mampu mendukung ketercapaian pembiasaan moral di sekolah ini yakni ekstrakurikuler dan peran komite sekolah 4) ketercapaian siswa terhadap pembiasaan nilai-nilai moralbersifat relatif namun secara keseluruhan telah sesuai dengan 18 nilai karakter yang disosialisasikan oleh Kemendikbud. Selanjutnya kesimpulan dari penelitian ini yakni 1) SDN Ngaglik 01 Batu merencanakan berbagai macam program pembiasaan nilai moral yang di termuat dalam visi misi sekolah 2)pelaksanaan pendidikan nilai-nilai moral selalu didasarkan pada perencanaan sudah dibiasakan dan berjalan 3) wadah yang dijadikan kendaraan oleh SDN Ngaglik 01 Batu ini dalam menjalankan pembiasaan nilai moral berasal dari kehidupan sekolah itu sendiri dan berasal dari pihak umum. 4) Capaian pendidikan moral di SDN Ngaglik 01 Batu sesuai dengan 18 nilai karakter yang disosialisasikan oleh Kemendikbud. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menawarkan saran diantaranya 1) bagi sekolah hendaknya sekolah untuk lebih jeli dalam mengikuti dan merespon program pemerintah daerah dan berbagai stakeholder yang lain. Sehingga pelaksanaan pendidikan moral seluruhnya dapat dilaksanakan sejak awal 2) bagi penelilitian selanjutnya penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk penelitian selanjutnya. Peneliti berharap penelitian selanjutnya dikembangkan dengan populasi yang lebih luas dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6114

Actions (login required)

View Item View Item