Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi melalui model Think Pair Share di SMAN 6 Malang / Dudung Ma'ruf Nuris - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi melalui model Think Pair Share di SMAN 6 Malang / Dudung Ma'ruf Nuris

Nuris, Dudung Ma'ruf (2012) Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran akuntansi melalui model Think Pair Share di SMAN 6 Malang / Dudung Ma'ruf Nuris. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E Ak MA MM (II) Dr. Dyah Ayu Wardhani SE M.Si Ak. Kata kunci Motivasi Belajar Think Pair Share Motivasi belajar siswa yang rendah akan menjadi hambatan yang sangat berarti pada proses pembelajaran karena dapat mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu guru diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga bisa berdampak pula pada prestasi belajar siswa. Dengan kata lain diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas. Selain itu diperlukan apersepsi sebagai upaya untuk mendorong munculnya motivasi belajar siswa di awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model think pair share. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Malang dan subyek penelitiannya yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 3 SMAN 6 Malang. Jumlah subyek penelitian sebanyak 37 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diambil dari populasi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 6 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis kualitatif meliputi reduksi data display data dan verifikasi. Dari hasil analisis data diketahui bahwa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model think pair share berlangsung selama 3 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Penerapan model think pair share mampu mengatasi motivasi belajar siswa dengan melakukan penyesuaian terhadap langkah-langkah pelaksanaannya. Dengan kata lain think pair share tidak serta merta menyelesaikan masalah akan tetapi memerlukan variasi dalam pemecahannya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru dapat memanfaatkan model think pair share untuk meningkatkan motivasi belajar dengan melakukan penyempurnaan melalui variasi-variasi dalam pelaksanaannya serta sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas tersebut. Saran lain yaitu guru akuntansi dapat mensosialisasikan keberhasilan model think pair share ini kepada guru mata pelajaran lain yang mengajar di kelas XI IPS 3 sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran jika mendapati masalah yang sama di kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61137

Actions (login required)

View Item View Item