Pengembangan Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) model praktikum bagi siswa jurusan IPS kelas XI SMA Negeri8 2 Sumbawa Besar / Ansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) model praktikum bagi siswa jurusan IPS kelas XI SMA Negeri8 2 Sumbawa Besar / Ansari

Ansari (2012) Pengembangan Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) model praktikum bagi siswa jurusan IPS kelas XI SMA Negeri8 2 Sumbawa Besar / Ansari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Prof. Dr. Bambang Sugeng MA.MM.Ak Kata kunci Pengembangan Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) Model Praktikum. Menyusun ilustrasi data tentang materi soal transaksi perusahaan jasa untuk dua priode pembukuan dalam sebuah buku latihan akuntansi dengan model praktikum sangat dibutuhkan oleh siswa sebagai sarana dalam memfasilitasi kesenjangan antara materi yang diperoleh dengan pengalaman sosial yang diperoleh sehari-hari. Mengingat pentingnya pemenuhan kebutuhan belajar sesuai dengan karakteristik siswa maka perlu disusun suatu Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) yang valid praktis dan efektif bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasil sebuah prototipe bahan ajar berupa Buku Latihan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (BLSAPJ) yang valid praktis dan efektif bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Model yang digunakan dalam pengembangan perangakat pembelajaran ini adalah Model Thiagarajan Semmel and Semmel yang lebih dikenal dengan model 4-D (Four-D) yang terdiri dari (1) Tahap Define (pendefinisian) (2) Tahap Design (perancangan) (3) Tahap Develop (pengembangan) dan (4) Tahap Disseminate (penyebaran). Hasil validasi dua validator terhadap BLSAPJ untuk siswa dan pegangan guru rata-rata 89% (sangat valid). Demikian juga dengan hasil validasi terhadap pedoman BLSAPJ untuk siswa dan pegangan guru 91% (sangat valid). Selanjutnya hasil uji perorangan (keterbacaan) terhadap BLSAPJ menunjukkan 80% mudah dipahami. Kemudian uji kelompok kecil tentang keterlaksanaan 1 dan 2 respon siswa terhadap BLSPJ menunjukkan 88% uji keterlaksanaan rata-rata 89% termasuk dalam kreteria sangat praktis untuk dilaksanakan. Hasil penilaian pre-test dan pos-test menujukkan perubahan yang signifikan dimana rata-rata nilai pre-test 74 dan rata-rata nilai pos-test 85 atau mengalami kenaikkan nilai rata-rata 14%. Nilai rata-rata pos-test 85 berada diatas KKM yang ditetapkan artinya penggunaan BLSAPJ dikatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kelebihan dari buku latihan adalah disusun secara sistimatis sesuai karakteristik siswa dilengkapi petunjuk praktis sehingga memudahkan guru mengelaborasikan materi yang disampaikan. Adapun kelemahan dari buku latihan yang dikembangkan adalah pembahasan teori tidak dilakukan secara mendalam sehingga masih memerlukan kajian referensi lain untuk memperluas pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61135

Actions (login required)

View Item View Item