Pengaruh persepsi siswa tentang student centered approach, kompentensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi yang dimediasi oleh persepsi efektivitas pembelajaran (Studi kasus di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar) / Diah Megah Megawarni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang student centered approach, kompentensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi yang dimediasi oleh persepsi efektivitas pembelajaran (Studi kasus di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar) / Diah Megah Megawarni

Megawarni, Diah Megah (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang student centered approach, kompentensi guru terhadap prestasi belajar akuntansi yang dimediasi oleh persepsi efektivitas pembelajaran (Studi kasus di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar) / Diah Megah Megawarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negari Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Tuhardjo SE. MSi. Ak (II) Dr. Sunaryanto M. Ed. Kata kunci pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach) kompetensi professional guru efektivitas pebelajaran prestasi belajar. Pendekatan pengajaran yang digunakan di kelas pada mata pelajaran Akuntansi memiliki karakteristik yang berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Hal ini disebabkan pelajaran Akuntansi merupakan pelajaran yang sangat penting dimiliki seseorang disamping untuk penguasaan pengetahuan juga membekali siswa berbagai keterampilan. Penelitian ini mencoba mengungkapkan persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran dan kompetensi professional guru pada mata pelajaran Akuntansi bahwa pengajar dianggap sebagai efektif dalam proses belajar mereka. Sementara paradigma pembelajaran yang berpusat pada pelajar telah dianjurkan pada pendidikan tinggi dan sekolah menengah dalam beberapa tahun terakhir walaupun dalam praktek pembelajaran gaya pengajaran berpusat pada guru masih dominan. Pada penelitian sebelumnya mengungkapkan hasil yang bertentangan pada hubungan antara gaya pendekatan pengajaran dengan hasil belajar penelitian ini juga menguji hubungan antara variabel-variabel prestasi belajar efektivitas pembelajaran lompetensi profesional dan gaya pendekatan pengajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui pengaruh langsung persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa kompetensi professional guru dan efektivitas pembelajaran terhadap prestasi belajar Akuntansi (2) mengetahui pengaruh tidak langsung persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar Akuntansi yang di mediasi oleh persepsi efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubungan antar variabel yang bersifat kausal serta digambarkan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar pada kelas XI dan XII jurusan IPS dengan jumlah sampel 150 respunden/siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling yang menggunakan rumus Cochran. Data dikumpulkan dengan instrument berupa angket serta dokumentasi untuk variabel independent (hasil belajar) pada mata pelajaran Akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh langsung positif signifikan persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap prestasi belajar (2) terdapat pengaruh langsung positif signifikan persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar (3) terdapat pengaruh langsung positif signifikan persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap efektivitas pembelajaran (4) terdapat pengaruh langsung positif signifikan persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap efektivitas pembelajaran (5) terdapat pengaruh langsung positif signifikan persepsi siswa tentang efektivitas pembelajaran terhadap prestasi belajar (6) terdapat pengaruh posistif signifikan persepsi siswa tentang pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap prestasi belajar Akuntansi pengaruh tersebut tidak dimediasi oleh efektifitas pembelajaran sehingga upaya-upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa dan (7) terdapat pengaruh posistif signifikan persepsi siswa tentang kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar Akuntansi pengaruh tersebut tidak dimediasi oleh efektifitas pembelajaran sehingga upaya-upaya untuk meningkatkan prestasi belajar dipengaruhi oleh kompetensi professional yang dimiliki oleh pengajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian di atas dikemukakan saran bagi pengajar Akuntansi di sekolah menengah khususnya pengajar di lingkungan SMA Negeri 3 Sumbawa Besar bahwa selama ini pendidikan telah dikritik dengan ketergantungan pada pendekatan pembelajaran yang konvensional/tradisional yang masih berpusat pada guru (teacher center) pada praktiknya. Untuk mengatasi kritik ini pendidik harus merubah paradigma pembelajaran yang digunakan dalam mengajar siswa. Pendekatan yang dapat memenuhi kebutuhan dan tantangan dari karakteristik individu siswa adalah pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa (student centered approach) yang lebih menuntut peran aktif dan kolaboratif siswa pada proses belajar mengajar. Pendekatan pengajaran yang berpusat pada siswa harus dibentuk oleh kompetensi professional guru dalam menjalankan profesinya yang berkaitan dengan tugas pokok pada kegiatan pengajaran agar pembelajaran di kelas dapat berlangsung aktif efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61134

Actions (login required)

View Item View Item