Suyono, Akhmad (2012) Pengaruh pengetahuan awal akuntansi dan self-efficacy terhadap hasil belajar mata kuliah akuntansi mahasiswa Universitas Islam Riau / Akhmad Suyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengetahuan Akuntansi sebelumnya Self-Efficacy dan Hasil Belajar Mahasiswa Pengetahuan itu sendiri menekankan pada proses mental dalam mengingat dan mengungkapkan kembali informasi-informasi yang telah mahasiswa peroleh secara tepat sesuai dengan apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. Belajar diperguruan tinggi dituntut tidak hanya untuk mempunyai pengetahuan teknis tetapi juga mempunyai self-efficacy yang baik dan kuat untuk mampu mencapai hasil belajar yang diinginkan. Self-efficacy itu sendiri merupakan keyakinan dan harapan mengenai kemampuan untuk menghadapi tugas-tugasya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh pengetahuan awal akuntansi terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa (2) pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa (3) pengaruh interaksi pengetahuan awal akuntansi self-efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian (Explanatory Research) dengan desain faktorial. Analisis yang digunakan adalah analisis two way anova. Variabel dalam penelitian ini meliputi pengetahuan awal akuntansi (X1) self-efficacy (X2) dan hasil belajar mahasiswa akuntansi (y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Sehingga berjumlah 92 mahasiswa angkatan 2008. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan awal akuntansi berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan fhitung sebesar 23 88 ftabel 3 0988. Self-efficacy berpengaruh terhadap hasil belajar akuntansi dengan fhitung sebesar 39 48 ftabel 3 0988. Terdapat pengaruh interaksi antara pengetahuan awal akuntansi dan self-efficacy terhadap hasil belajar akuntansi mahasiswa dengan fhitung sebesar 4 206 ftabel 3 0988.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61133 |
Actions (login required)
View Item |