Penerapan problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dan efikasi diri / Shanti Nugroho Sulistyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dan efikasi diri / Shanti Nugroho Sulistyowati

Sulistyowati, Shanti Nugroho (2012) Penerapan problem based learning untuk meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dan efikasi diri / Shanti Nugroho Sulistyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si (II) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M Kata Kunci Problem Based Learning Keterampilan Pemecahan Masalah Efikasi Diri Untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri siswa perlu adanya proses pembelajaran yang diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri. Untuk tujuan ini penulis menerapkan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan pelaksanaan penerapan problem based learning (PBL) (2) menganalisis apakah penerapan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah (3) menganalisis apakah penerapan problem based learning (PBL) dapat meningkatkan efikasi diri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 3 Nganjuk subjek penelitian sebanyak 38 siswa putri kelas XI program keahlian administrasi perkantoran pada stndar kompetensi menangani surat/dokumen kantor. Instrumen pengumpulan da-ta yang digunakan adalah tes angket skala keterampilan pemecahan masalah skala efikasi diri rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar observasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran ber-jalan dengan lancar dan siswa sangat menyukai pelaksanaan proses pembelajaran (2) proses pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa (3) proses pembelajaran ini dapat meningkatkan efikasi diri siswa. Ada beberapa saran yang peneliti sampaikan yaitu (1) bagi siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMK PGRI 3 Nganjuk diharapkan dapat selalu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri (2) bagi rekan kerja guru diharapkan dapat menerapkan problem based learning pada mata pelajaran lain dalam usaha menigkatkan keterampilan pemecahan masalah dan efikasi diri (3) agar siswa terbiasa dalam kegiatan belajar kelompok seha-rusnya guru selalu membagi siswa ke dalam beberapa kelompok yang heterogen (4) guru hendaknya berperan aktif sebagai fasilitator dan mediator selama proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61131

Actions (login required)

View Item View Item