Peningkatan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi penduduk melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 04 Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi penduduk melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 04 Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi

Fauzi, Achmad Ryan (2016) Peningkatan hasil belajar IPS tentang aktivitas ekonomi penduduk melalui metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN Karangrejo 04 Kabupaten Blitar / Achmad Ryan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Achmad Ryan. 2016. PeningkatanHasilBelajar IPS tentangaktivitasekonomipendudukmelaluiMetodeInkuiripadaSiswaKelas IV SDN Karangrejo 04 KabupatenBlitar.Skripsi JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah Program S1 Pendidikan Guru SekolahDasar.FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeri Malang.DosenPembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (2) Drs. SuhelMadyono M.Pd. Kata Kunci peningkatan hasilbelajar ips aktivitasekomonipenduduk inkuiri Hasilobservasipadasiswakelas IV SDN Karangerjo 04Kabupaten Blitarpadapembelajaran IPS ditemukanpermsalahan (1) pembelajarantidakmenarik (2) Guru melaksanakanpembelajaran yang didominasiolehceramah. (3) Sebagiankecilsajasiswa yang memperhatikanpenjelasan guru. Hal iniberdampakpadahasilbelajarsiswa yang kurangmemuaskan.Sebanyak 18 dari 27 siswamendapatnilaidibawah KKM sebesar 68 dandinyatakantidaktuntas.TujuanPenelitianini (1) mendiskripsikanpenerapanmetodeinkuridalampembelajaran IPS di Kelas IV SDN Karangrejo 04 KabupatenBlitar (2) mendiskripsikanpeningkatanhasilbelajar IPS denganmetodeinkuiripadasiswakelas IV SDN Karangrejo 04 Kabupaten. PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas (PTK).PTK dilaksanakndalamduasiklusyaitusiklus I danSiklus II.Setiapsiklusterdiridariempattahapanyaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasidan (4) refleksi.teknikpengumpulan data yang digungakanadalahobservasi wawancara catatanlapangandandokumentasidenganinstrumenberupapedomanwawancara lembarobservasi danlembarcatatanlapangan. Sedangkandalamanalisis data dilakukanlangkahberupareduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianpenerapanmetodeinkuiripadapembelajaran IPS padasiswakelas IV SDN Karangrejo 04 KabupatenBlitarmenunjukkanadanyapeningkatanaktivitas guru aktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.Terbuktipadatahappratindakandiperolehnilaiaktivitas guru sebesar 26 danhasilbelajarsiswasebesar 65.Padasiklus I diperolehnilaiaktivitas guru sebesar 63 nilaiaktivitassiswasebesar 66 danhasilbelajarsiswasebesar 66 5. Terjadipeningkatandibandingpratindakanuntukaktivitas guru sebesar 16 5angkadanhasilbelajarsebesar 1 5 angka. Padasiklus II diperolehnilaiaktivitas guru sebesar 86 7 nilaiaktivitassiswasebesar 76 hasilbelajarsiswasebesar 76. Terjadipeningkatandibandingsiklus I untukaktivitas guru sebesar 23 7angka aktivitassiswasebesar 10 angkadanhasilbelajarsebesar 9 5 angka. Peningkatanterjadipadasetiaptahapanpenelitianmulaidaripratindakan sampaidengansiklus II.Padaakhirsiklus II telahdiperoleh 27 siswatuntasdenganmendapatnilai 8805 68. Kesimpulan berdasarkanhasilpenelitianbahwapenerapanmetodeinkuiridapatmeningkatkanaktivitas guru aktivitassiswadanhasilbelajarsiswa.Dari 27 siswaseluruhnyasudahmencapaiketuntasandengannilai 8805 KKM (68).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6113

Actions (login required)

View Item View Item