Afian, Affan (2012) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament untuk meningkatkan hasil beljar, keaktifan belajar dan self esteem (Studi pada mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang jurusan pendidikan ekonomi semester genap 2010/2011) / Affa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu S. M.M. (II) Prof. Dr. Budi Eko S. M.Ed. M.Si. Kata Kunci pembelajaran kooperatif hasil belajar keaktifan belajar dan selfesteem. Pembelajaran kooperatif adalah penggunaan pembelajaran dengan kelompok kecil sehingga siswa dapat bekerja sama untuk memaksimalkan pembelajarannya sendiri dan orang lain. Quiz-quiz trade dan team game tournamen juga merupakan jenis pembelajaran kooperatif. Quiz-quiz trade adalah pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh dua orang mereka saling bertukar quiz setelah mereka berhasil menjawab dan menjelaskan setiap quiz yang mereka pegang. Team game tournament adalah salah satu model dari pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil pembelajaran kooperatif tipe TGT terdiri dari 5 tahap tindakan yaitu tahap penyajian kelas (class presentation) belajar dalam kelompok (teams) permainan (games) pertandingan (tournament) dan penghargaan kelompok (team recognition). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang (2) Menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkatkan hasil belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang (3) Menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang (4) Menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan self esteem pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Pendekatan yang dilakukan di dalam penelitian ini adalah classroom action research atau PTK (Penelitian Tindakan Kelas) karena mendeskripsikan apa yang terjadi di dalam kelas.Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang dengan jumlah mahasiswa 34 orang.Sumber data diperoleh langsung dari mahasiswa yang diberi tindakan di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran kolaborasi ini secara keseluruhan telah berjalan dengan baik ada beberapa masalah dalam siklus 1 penerapan pada siklus I tetapi masalah ini segera diperbaiki pada siklus II sehingga proses pembelajaran bisa sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti (2) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkatkan hasil belajar hal ini terlihat pada peningkatan rata-rata gainscore pada penelitian awal sebesar 32 05 penelitian siklus I sebesar 54 41 dan penelitian siklus II sebesar 58 97. Nilai signifikansi antara gainscore penelitian awal dengan siklus I adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan nilai signifikansi antara gainscore siklus I dengan siklus II adalah 0 015 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan dan gainscore antara penelitian awal dengan siklus II adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan (3) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz tradedan team game tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar hal ini terlihat pada nilai rata-rata (range 3-15) keaktifan belajar penelitian awal adalah 8 79 penelitian siklus I adalah 13 85 dan siklus II adalah 14 44. Hasil uji beda antara keaktifan belajar penelitian awal dengan siklus I adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan antara keaktifan siklus I dengan siklus II adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan dan antara keaktifan belajar penelitian awal dengan dengan siklus II adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan. (4) Penerapan pembelajaran kooperatif kolaborasi model quiz-quiz trade dan team game tournament dapat meningkatkan self esteem hasil peningkatan ini terlihat pada rata-rata (range 1-5) self esteem awal adalah 2 91 dan self esteem akhir adalah 4 852. Hasil uji perbedaan dari self esteem awal dengan self esteem akhir adalah 0 000 kesimpulannya adalah ada perbedaan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |