Penarapan pembelajaran kooperatif perpaduan teknik jigsaw dan investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Eunike Rose Mita Lukia - Repositori Universitas Negeri Malang

Penarapan pembelajaran kooperatif perpaduan teknik jigsaw dan investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Eunike Rose Mita Lukia

Lukiani, Eunike Rose Mita (2012) Penarapan pembelajaran kooperatif perpaduan teknik jigsaw dan investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ekonomi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri / Eunike Rose Mita Lukia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Pasca Sarjana. Pembimbing (1) Prof. Dr. J.G. Nirbito M.Pd. (2) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok Kemamapuan berpikir kritis Hasil belajar Afektif Hasil belajar Kognitif Sebagai calon guru (tenaga pendidik) penguasaan materi pelajaran mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI sebagai bahan ajar masih cukup rendah. Rendahnya penguasaan materi terlihat dari observasi peneliti selama kegiatan pembelajaran dan dokumentasi test hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI. Dari observasi peneliti selama kegiatan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI masih rendah. Beberapa indikator yang menunjukkan rendahnya kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI diantaranya 1)Mahasiswa kesulitan untuk menarik rumusan masalah dan kesimpulan 2)kurang terampil dalam menginterpretasi pertanyaan dan menyampaikan argumen 3)kesulitan untuk menganalisis persamaan dan perbedaan 4)kurang terampil dalam menggeneralisasikan suatu pemahaman dalam suatu kasus baru. Rendahnya kemampuan berpikir kritis ini selanjutnya berakibat pada pencapaian hasil belajar yang tidak dapat maksimal. Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai calon guru peneliti yang juga sebagai dosen di Universitas Nusantara PGRI Kediri mengembangkan Pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok yang bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan berpikir kritis (2) meningkatkan hasil belajar aspek afektif (sikap) dan aspek kognitif (pengetahuan) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI. Pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok adalah salah satu pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) yang mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuan pemahaman dan sikapnya sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan mendalam (deep learning) seiring dengan keterlibatan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus tindakan terdiri dari empat tahap yang diadopsi dari Hopkins yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek kognitif (pengetahuan) diperoleh melalui test. Peningkatan kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan membandingkan hasil test kemampuan berpikir kritis antara siklus 1 dengan siklus 2 sedangkan peningkatan hasil belajar aspek kognitif (pengetahuan) diperoleh dengan membandingan hasil test sebelum menerapakan pembelajaran Kooperatif perpaduan teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok dengan setelah menerapkan pembelajaran Kooperatif perpaduan teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok. Untuk hasil belajar aspek afektif (sikap) data diperoleh melalui angket. Angket diberikan pada mahasiswa di tiap akhir siklus yaitu di akhir siklus 1 dan siklus 2. Peningkatan hasil belajar aspek afektif terlihat dengan membandingkan hasil angket antara siklus 1 dan siklus 2 dari penerapan pembelajaran Kooperatif perpaduan teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus 1 kepada sikus 2 sebesar 32% di siklus 1 diketahui bahwa presentase ketuntasan siswa hanya mencapai 68% sedangkan di siklus 2 naik menjadi 100%. Peningkatan hasil belajar afektif (sikap) yang diperoleh melalui angket meningkat sebesar 37 06 % dari siklus 1 sebesar 86 73 naik menjadi 94 14 di siklus 2. Demikian juga dengan hasil belajar kognitif (pengetahuan) meningkat sebesar 93 5% jika sebelum menerapkan pembelajaran Kooperatif perpaduan teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok ada 28 siswa (90 3%) yang memiliki nilai test dibawah 71 sedangkan setelah menerapkan pembelajaran Kooperatif perpaduan teknik Jigsaw dan Investigasi kelompok tidak ada siswa yang memperoleh nilai dibawah 71 (0%). Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar aspek kognitif dan afektif pada mahasiswa pendidikan ekonomi akuntansi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Saran bagi peneliti selanjutnya yang akan menerapkan pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok sebaiknya dapat mengembangkan pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok pada materi atau mata kuliah lain dan tidak hanya meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan afektif tetapi juga metakognitif dan psikomotor. Selanjutnya saran bagi pembelajaran Kooperatif Perpaduan Teknik Jigsaw dan Investigasi Kelompok yaitu perlu dikembangkan lebih lanjut menjadi kegiatan investigasi kelompok yang berbasis proyek dan perlu adanya publikasi dari hasil kegiatan investigasi kelompok yang dilakukan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61128

Actions (login required)

View Item View Item