Hardini, Han Tantri (2012) Pengaruh pembelajaran etika akuntansi, orientasi etika dan penilaian komitmen profesional terhadap pengambilan keputusan etis (Studi kasus pada mahasiswa akuntansi Universitas Negeri Malang) / Han Tantri Hardini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Dr. Sunaryanto M.Ed (II). Dr. Hari Wahyono M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Etika Akuntansi Orientasi Etika Idealisme Orientasi Etika Relativisme Penilaian Komitmen Profesional Pengambilan Keputusan Etis. Profesi akuntansi mengalami krisis kepercayaan karena banyak kegagalan etika. Karena itu ditekankan pentingnya para akuntan profesional agar meningkatkan perilaku etis dalam bentuk pengambilan keputusan etis. Hal ini dapat dimulai sejak awal memulai karir bahkan sebelum memasuki profesi tersebut yaitu pada saat menempuh pendidikan akuntansi. Pada konteks mahasiswa pengambilan keputusan etis atas dilema etika akuntan sebatas pada persepsi dalam mengevaluasi pengambilan keputusan etis atas kasus-kasus etika yang didapatkan pada perkuliahan. Faktor intern yaitu orientasi etika idealisme relativisme dan penilaian komitmen profesional serta faktor ekstern yaitu pembelajaran etika akuntansi dipilih dalam penelitian ini untuk menguji keterkaitan dengan pengambilan keputusan etis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji (1). Pengaruh langsung positif signifikan pembelajaran etika akuntansi terhadap pengambilan keputusan etis (2). Pengaruh langsung positif signifikan pembelajaran etika akuntansi terhadap orientasi etika idealisme (3). Pengaruh langsung negatif signifikan pembelajaran etika akuntansi terhadap orientasi etika relativisme (4). Pengaruh langsung positif signifikan orientasi etika idealisme terhadap penilaian komitmen profesional (5). Pengaruh langsung negatif signifikan orientasi etika relativisme terhadap penilaian komitmen profesional (6). Pengaruh langsung positif signifikan orientasi etika idealisme terhadap pengambilan keputusan etis (7). Pengaruh langsung negatif signifikan orientasi etika relativisme terhadap pengambilan keputusan etis (8). Pengaruh langsung positif signifikan penilaian komitmen profesional terhadap pengambilan keputusan etis (9). Pengaruh tidak langsung positif signifikan pembelajaran etika akuntansi terhadap penilaian komitmen profesional melalui orientasi etika idealisme (10). Pengaruh tidak langsung positif signifikan pembelajaran etika akuntansi terhadap pengambilan keputusan etis melalui orientasi etika idealisme (11). Pengaruh tidak langsung positif signifikan orientasi etika idealisme terhadap pengambilan keputusan etis melalui penilaian komitmen profesional dan (12). Pengaruh tidak langsung negatif signifikan orientasi etika relativisme terhadap pengambilan keputusan etis melalui penilaian komitmen profesional mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Auditing yaitu mahasiswa semester 6 ke atas input D3 dan double degree Akuntansi berjumlah 456 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 156 mahasiswa yang menyebar dalam semua angkatan prodi dan offering Akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Auditing. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner/angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturalkan berdasarkan SEM (Structural Equation Modelling). Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi LISREL 8.80 for Windows NT. Temuan penelitian ini menghasilkan simpulan yaitu (1). Pembelajaran etika akuntansi berpengaruh langsung positif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis (2). Pembelajaran etika akuntansi tidak berpengaruh langsung positif signifikan terhadap orientasi etika idealisme (3). Pembelajaran etika akuntansi tidak berpengaruh langsung negatif signifikan terhadap orientasi etika relativisme (4). Orientasi etika idealisme berpengaruh langsung positif signifikan terhadap penilaian komitmen profesional (5). Orientasi etika relativisme berpengaruh langsung negatif signifikan terhadap penilaian komitmen profesional (6). Orientasi etika idealisme tidak berpengaruh langsung positif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis (7). Orientasi etika relativisme tidak berpengaruh langsung negatif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis (8). Penilaian komitmen profesional berpengaruh langsung positif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis (9). Pembelajaran etika akuntansi tidak berpengaruh tidak langsung positif signifikan terhadap penilaian komitmen profesional melalui orientasi etika idealisme (10). Pembelajaran etika akuntansi tidak berpengaruh tidak langsung positif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis melalui orientasi etika idealisme (11). Orientasi etika idealisme berpengaruh tidak langsung positif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis melalui penilaian komitmen profesional dan (12). Orientasi etika relativisme berpengaruh tidak langsung negatif signifikan terhadap pengambilan keputusan etis melalui penilaian komitmen profesional mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan pada temuan penelitian diajukan saran sebagai berikut (1). Dosen Akuntansi hendaknya membantu membentuk etika mahasiswa agar mempunyai orientasi etika memiliki penilaian komitmen profesional yang tinggi dan dapat meningkatkan pengambilan keputusan etis dengan cara mengintegrasikan muatan etika (2). Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang perlu melakukan peninjauan ulang mengenai kurikulum akuntansi berbasis etika (3). Untuk penelitian selanjutnya disarankan menambah sampel penelitian menambah kasus-kasus etika dan menambah faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap pengambilan keputusan etis mahasiswa akuntansi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61127 |
Actions (login required)
View Item |