Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan sosial dan hasil belajar terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kieraha Ternate (Studi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Kle Raha Ternate) / Sunarti Djoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan sosial dan hasil belajar terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kieraha Ternate (Studi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Kle Raha Ternate) / Sunarti Djoko

Djoko, Sunarti (2012) Pengaruh persepsi tentang profesi guru, lingkungan sosial dan hasil belajar terhadap perilaku konsumsi mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kieraha Ternate (Studi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP Kle Raha Ternate) / Sunarti Djoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Kata Kunci Profesi guru Lingkungan Sosial Hasil Belajar Perilaku Ekonomi Mahasiswa. Dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia yang tanggap terhadap perubahan zaman maka diperlukan kualitas pendidikan yang baik agar tercipta sumberdaya manusia yang cerdas disamping itu pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak ada dan harus dipenuhi dalam rangka meningkatkatkan taraf hidup masyarakat. Usaha ini harus terintegrasi dengan rekrutmen guru pengembangan/pembinaan profesi guru khususnya guru ekonomi dan tentunya penghasilan yang memadai sehingga memberi daya tarik bagi para generasi muda putra dan putri terbaik bangsa untuk bersedia menjadi guru.Terkait dengan daya tarik bagi generasi muda yang bersedia menjadi guru memiliki peran penting dalam mencerdaskan anak didik bangsa terutama pada bidang studi ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk sikap yang rasional terutama dalam pengambilan keputusan ekonomi. Untuk mewujudkan daya tarik ini banyak faktor yang mempengaruhi antara lain persepsi tentang profesi guru lingkungan sosial dan hasil belajar mahasiswa Pemerintah melalui penyelenggaraan pendidikan berusaha memberikan bekal pada mahasiswa agar mempunyai pemahaman dalam setiap bertingkah laku yang positif tanpa terpengaruh oleh faktor-faktor yang dapat merugikannya sehingga mampu berperilaku yang rasional termasuk dalam berkonsumsi.. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Keadaan persepsi tentang profesi guru lingkungan sosial hasil belajar dan perilaku ekonomi mahasiswa pendidikan ekonomi. (2) Pengaruh langsung persepsi tentang profesi guru dan lingkungan sosial terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kie Raha Ternate (3) Pengaruh langsung persepsi tentang profesi guru lingkungan sosial dan hasil belajar terhadap perilaku ekonomi mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kie Raha Ternate (4) Pengaruh tidak langsung persepsi tentang profesi guru terhadap perilaku ekonomi melalui hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kie Raha Ternate (5) Pengaruh tidak langsung lingkungan sosial terhadap perilaku konsumsi melalui hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP Kie Raha Ternate. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan survey dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif serta bersifat deskriptif eksplanatory. Mengambil lokasi penelitian di STKIP Kie Raha Ternate. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 158 mahasiswa dengan menggunkan tehnik simple random sampling. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program aplikasi SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 40 5% mahasiswa yang berperilaku konsumsi kurang rasional. Ini disebabkan pengaruh lingkungan yang lebih kuat karena 19 1% siswa mempunyai persepsi yang positif terhadap lingkungannya dan 22 1% mahasiswa mempunyai Persepsi tentang Profesi Guru yang positif Sedangkan untuk hasil belajar sebanyak 22 1 % mahasiswa mempunyai hasil belajar yang tinggi. Terkait dengan hasil penelitian ini maka mahasiswa sebagai calon guru harus memiliki persepsi yang positif tentang profesi guru sehingga tidak hanya melihat dari seberapa besar hasil dari menjadi guru tetapi seberapa besar manfaat menjadi guru Sedangkan bagi lembaga pendidikan khususnya LPTK STKIP Kie Raha disarankan Sebagai lembaga pendidikan yang mencetak guru STKIP Kie Raha semestinya memiliki mahasiswa yang memiliki persepsi yang positif terhadap profesi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61126

Actions (login required)

View Item View Item