Pola muatan nilai-nilai karakter dalam bahan ajar kelas III sekolah Dasar / Nur Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola muatan nilai-nilai karakter dalam bahan ajar kelas III sekolah Dasar / Nur Hidayat

Fidayat, Nur (2016) Pola muatan nilai-nilai karakter dalam bahan ajar kelas III sekolah Dasar / Nur Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fidayat Nur. 2016. Pola Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Bahan Ajar Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd. M.Si (II) Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pola Nilai Karakter Bahan Ajar Buku Siswa Nilai-nilai karakter perlu diintegrasikan dalam bahan ajar. Salah satunya dalam bahan ajar cetak berupa buku siswa kelas III semester 2 yang pada tahun pelajaran 2015/2016 baru digunakan dalam pembelajaran. Hasil dokumentasi terhadap bahan ajar dan penelitian sebelumnya ditemukan fakta bahwa isi bahan ajar belum memadai dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Sebagai upaya untuk mengetahui pengintegrasian muatan tata nilai dalam buku itu maka penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian wacana bagian petunjuk kegiatan bagian tagihan kerja dan bagian evaluasi buku siswa kelas III semester 2 sekolah dasar. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini menghasilkan temuan bahwa buku siswa kelas III semester 2 telah bermuatan nilai-nilai karakter. Dari 18 nilai karakter yang termuat dalam kontrak standar isi kurikulum 2013 buku siswa kelas III semester 2 telah memuat 17 nilai karakter yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/ komunikatif gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Sedangkan nilai karakter yang tidak termuat yaitu cinta damai. Nilai-nilai karakter itu telah termuat dalam setiap bagian unsur bahan ajar namun dengan banyak muatan yang berbeda di setiap bagian. Dari 244 temuan muatan nilai karakter muatan nilai karakter yang terdapat dalam bagian wacana sebanyak 140 temuan dalam bagian petunjuk kegiatan sebanyak 52 temuan dalam bagian tagihan kerja sebanyak 37 temuan dan dalam bagian evaluasi sebanyak 15 temuan. Selain itu terdapat beberapa nilai karakter baru yang muncul dalam bagian unsur bahan ajar yaitu nilai karakter menghormati orang yang sedang berbicara sebanyak 1 temuan nilai karakter adil sebanyak 2 temuan nilai karakter kompetitif sebanyak 4 temuan dan nilai karakter peduli satwa sebanyak 1 temuan. Atas dasar temuan penelitian yang diperoleh maka peneliti menyarankan bagi pemerintah untuk melakukan penambahan muatan nilai karakter baru ke dalam daftar nilai-nilai karakter atau mengintegrasikannya ke dalam salah satu dari 18 nilai-nilai karakter yang sudah ada. Sementara itu bagi penulis buku dapat melakukan penambahan muatan nilai karakter yang belum muncul dan melakukan revisi terhadap beberapa istilah yang kurang relevan dalam buku. Selain itu bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan cakupan penelitian yang lebih luas dengan menggunakan metodologi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6112

Actions (login required)

View Item View Item