Penggabungan penerapan metode pembelajaran model think pair share dan make and match untuk meningkatkan minat, efikasi diri dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 3 Batu / Sispurwo Julianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggabungan penerapan metode pembelajaran model think pair share dan make and match untuk meningkatkan minat, efikasi diri dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 3 Batu / Sispurwo Julianto

Julianto, Sispurwo (2011) Penggabungan penerapan metode pembelajaran model think pair share dan make and match untuk meningkatkan minat, efikasi diri dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMPN 3 Batu / Sispurwo Julianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi-IPS Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si. Pembimbing (II) Prof. Dr. F. Danardana Murwani M.M. Kata Kunci TPS Make a match minat efikasi hasil belajar Metode pembelajaran Model Think Pair Share adalah salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada waktu tunggu untuk berpikir dengan tiga tahap kegiatan siswa yang menekankan pada apa yang dikerjakan siswa pada setiap tahapnya sedangkan model Make and match menekankan pada bentuk permainan dengan mencari pasangan. Kedua Penggabungan dari model ini adalah untuk meningkatkan efikasi diri dan minat siswa. Efikasi yang dan minat yang tinggi akan menghasilkan kemampuan hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan make and match untuk meningkatkan minat Efikasi diri dan prestasi belajar ekonomi kelas VIII SMPN 3 Kota Batu. 2) Mendeskripsikan implementasi Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan make and match untuk meningkatkan minat Efikasi diri dan prestasi belajar ekonomi kelas VIII SMPN 3 Kota Batu. 3) Mendeskripsikan hasil Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan make and match untuk meningkatkan minat Efikasi diri dan prestasi belajar ekonomi kelas VIII SMPN 3 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas . Peneliti sebagai instrumen utama. Pengumpulan data dengan metode observasi tes dan angket. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMPN 3 Kota Batu . Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan Make a match telah diterapkan baik. Perencanaan dilakukan pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang meliputi pemilikan standar kompetensi indikator tujuan pembelajaran materi metode yang merupakan gabungan antara metode kooperatif model Think Pair Share dan Make a match langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Implementasi Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan Make a match untuk meningkatkan minat Efikasi diri dan hasil belajar diterapkan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu pada setiap kali pertemuan yang dilakukan selama empat kali pertemuan untuk siklus I dan empat kali pertemuan untuk siklus II. Hasil Penggabungan metode kooperatif model Think Pair Share dan Make a match telah mampu meningkatkan meningkatkan minat belajar siswa meningkat menjadi 13% dari siklus I ke siklus II. Untuk efikasi diri meningkat lebih tinggi 3% dari siklus I ke siklus II. Saran dalam penelitian 1) oleh Strategi pembelajaran metode think pair share dan metode make a match dapat meningkatkan minat dan efikasi diri maka disarankan kepada guru agar dapat menerapkan metode ini pada materi yang sesuai dalam melaksanakan proses belajar mengajar. 2) untuk penerapan metode think pair share mengingat metode ini memakan waktu yang cukup lama maka disarankan untuk materi yang dipilih merupakan materi yang benar-benar bisa diterapkan agar tidak terjadi kebosanan pada siswa. 3) Metode make a match memerlukan media pembelajaran yaitu kartu berpasangan oleh karena itu disarankan untuk pembuatan media ini kesiapan guru baik dari materi soal teknik permainan maupun penilaian diperhitungkan dengan matang agar tidak terjadi kekurangan waktu pada saat pembelajaran. 4) Bagi sekolah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pembinaan peningkatan mutu sekolah dan peningkatan profesi guru dengan penggunaan penerapan metode pembelajaran yang efektif. Dengan temuan ini hendaknya sekolah memberikan fasilitas dan mendukung para guru dengan menerapkan beberapa metode pembelajaran yang berbasis sekolah sehingga proses pembelajaran semakin meningkat mutunya. 5) Bagi peneliti lainnya ataupun bagi mahasiswa calon guru perangkat pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran yang telah digabungkan dan dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk menemukan ide baru dan metode baru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61117

Actions (login required)

View Item View Item