Sulikah (2011) Pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap perilaku konsumsi mahasiswa melalui hasil belajar peserta matakuliah pengantar ekonomi mikro di Fakultas Ekonomi UM / Sulikah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M Kata kunci kecerdasan emosional kecerdasan spiritual hasil belajar dan perilaku konsumsi. Konsumsi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari. Manusia senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mulai dari kelahirannya di dunia hingga akhir hidupnya. Oleh karena itu konsumsi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang telah menempuh matakuliah pengantar ekonomi mikro diharapkan mampu untuk berperilaku konsumsi yang baik tetapi kenyataanya masih jauh dari harapan. Telah banyak dilakukan penelitian terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi tetapi belum ada penelitian yang meneliti tentang pengaruh kecerdasan emosional dan spiritual terhadap perilaku konsumsi. Untuk itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional spiritual dan hasil belajar terhadap perilaku konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh langsung kecerdasan emosional kecerdasan spiritual dan hasil belajar terhadap perilaku konsumsi mahasiswa peserta matakuliah pengantar ekonomi mikro di Fakultas Ekonomi UM (2) menganalisis pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional kecerdasan spiritual terhadap perilaku konsumsi mahasiswa melalui hasil belajar peserta matakuliah pengantar ekonomi mikro di Fakultas Ekonomi UM. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan hubung anantar variabel yang bersifat kausal serta digambarkan berdasarkan analisis jalur. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi UM dengan sampel sebanyak 80 orang. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa angket serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar pengantar ekonomi mikro. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan 1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa 2) kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa 3) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa 4)kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa 5)hasil belajar tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa 6)kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa secara tidak langsung melalui hasil belajar 7)kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi mahasiswa secara tidak langsung melalui hasil belajar. Terkait dengan hasil penelitian ini maka disarankan agar 1) pembelajaran matakuliah pengantar ekonomi mikro sebaiknya juga menekankan aspek yang lain yaitu afektif dan psikomotorik. Selain itu sebaiknya pelaksanaan tes juga lebih variatif lagi sehingga juga dapat mengukur sikap (afektif) dari para peserta matakuliah tersebut. 2) mahasiswa peserta matakuliah pengantar ekonomi mikro hendaknya mampu mengontrol emosi dengan baik agar sukses dalam perkuliahan serta memunculkan motivasi dalam berprestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61115 |
Actions (login required)
View Item |