Pengaruh minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa / Riza Yonisa Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa / Riza Yonisa Kurniawan

Kurniawan, Riza Yonisa (2010) Pengaruh minat baca, motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa / Riza Yonisa Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat baca motivasi berprestasi kemampuan berpikir kritis hasil belajar. Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan pengajaran ekonomi selama ini masih berorientasi pada kemampuan peserta didik dalam menghafal fakta-fakta di dalam materi yang pada kenyataannya mereka seringkali belum memahami secara mendalam substansi materi yang belum sampai pada kemampuan untuk berpikir tingkat tinggi atau berpikir kritis yang menyebabkan peserta didik kurang mendapatkan pembelajaran yang bermakna. Begitu juga dengan mahasiswa mereka hanya akan mau belajar jika mendekati ujian Apalagi perkembangan game atau play station (PS) yang semakin maju menjadikan mahasiswa lebih sering didepan komputer atau PS untuk bermain game dari pada belajar sehingga dibutuhkan semangat atau motivasi dalam diri mahasiswa agar lebih giat dalam belajar dan apa yang mereka pelajari nantinya akan bermanfaat jika mereka terjun dalam dunia kerja atau dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh (1) minat baca terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (4) minat baca motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian korelasional. Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian serta hipotesis diidentifikasikan sebanyak 4 (empat) variabel yang diteliti meliputi minat baca (X1) motivasi berprestasi (X2) dan kemampuan berpikir kritis (X3) terhadap hasil belajar (Y). Data yang terkumpul berupa data kuantitatif yang kemudian di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows 16.0. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Ekonmi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2007 s/d 2009 semester genap tahun ajaran 2009/2010 dengan sampel yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner tes dan dokumentasi. Dari pengolahan data dan analisis melalui uji hipotesis didapatkan hasil penelitian sebagai berikut (1) minat baca berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (3) kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dan (4) minat baca motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian dan kesimpulan diatas maka peneliti menyarankan sebagai berikut (1) untuk meningkatkan minat baca banyak sekali cara yang dapat dilakukan mahasiswa diantaranya dengan seringnya pergi ke perpustakaan agar mencari informasi yang banyak baik untuk kegiatan kuliah maupun menambah wawasan khasanah pengetahuan. Dengan memperdalam dan memperluas pengetahuan yang berkaitan dengan minat baca maka akan dapat pula meningkatkan hasil belajar mahasiswa (2) agar motivasi berprestasi mahasiswa tinggi dilakukan dengan cara memberikan skill ataupun kemampuan enterpreneurship yang memadai baik guna bersaing dengan tuntutan zaman yang modern. Dosen juga memberi semangat kepada mahasiswa baik dengan pujian maupun hadiah apabila mahasiswa menjawab dengan benar agar memacu mereka belajar lebih giat dan bersaing secara sehat dengan teman-temannya yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa (3) agar kemampuan berpikir kritis mahasiswa semakin meningkat sebaiknya dosen memberikan artikel maupun jurnal agar mahasiswa menganalisisnya sehingga semakin lama mereka akan terbiasa dengan analisis kritis sehingga kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan meningkat (4) diperlukan upaya untuk meningkatkan minat baca motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dengan memberi semangat kepada mahasiswa bahwa masa depan mereka yang menentukan mereka sendiri dan jika mereka tidak giat dalam belajar sehingga cita-cita yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61111

Actions (login required)

View Item View Item