Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar / Dewi Puspitasari

Puspitasari, Dewi (2016) Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif snowball throwing pada siswa kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar / Dewi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari, Dewi, 2016, Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Pada Kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar, Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Drs. H. Hadi Mustofa, M. Pd, (2) Dra. Widayati, M.H Kata kunci: peningkatan, hasil belajar, ips, model pembelajaran snowball throwing Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar pada pembelajaran IPS diketahui bahwa: (1) guru tidak menggunakan RPP dalam mengajar, (2) guru masih menggunakan model konvensional dalam mengajar, (3) banyak siswa yang ramai dan tidak memperhatikan pelajaran, (4) dari 15 siswa hanya 4 siswa yang aktif dan berani bertanya. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu ≥ 75. oleh karena itu, perlu diadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatakan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualititif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dapat berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan yaitu, aktivitas guru pada siklus I 84%, aktivitas siswa 60%. Siklus II aktivitas guru 95%, aktivitas siswa 85%. Sementara itu hasil belajar siswa pada pratindakan hanya 5 dari 15 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 68 dan ketuntasan klasikal 33%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, terbukti dari 15 siswa ada 8 siswa yang tuntas dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu ≥75 dengan nilai rata-rata kelas 69 dan ketuntasan klasikal 54%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu, 12 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 87 dan ketuntasan klasikal 80%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatinom 03 Kabupaten Blitar, dan disarankan pada guru untuk menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing agar pembelajaran lebih menyenangkan dan hasil belajar dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6111

Actions (login required)

View Item View Item