Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan persepsi siswa atas lingkungannya terhadap perilaku komsumsi yang diintermediasi oleh prestasi belajar ekonomi siswa SMA se kota Malang / Ana Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan persepsi siswa atas lingkungannya terhadap perilaku komsumsi yang diintermediasi oleh prestasi belajar ekonomi siswa SMA se kota Malang / Ana Purwati

Purwanti, Ana (2010) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan persepsi siswa atas lingkungannya terhadap perilaku komsumsi yang diintermediasi oleh prestasi belajar ekonomi siswa SMA se kota Malang / Ana Purwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci status sosial ekonomi persepsi atas lingkungan prestasi belajar ekonomi dan perilaku konsumsi. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia pemerintah telah menetapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan tujuan siswa akan mempunyai kecakapan hidup dalam berbagai bidang termasuk bidang ekonomi. Terkait kecakapan hidup siswa SMA mata pelajaran ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk sikap yang rasional terutama dalam pengambilan keputusan ekonomi. Untuk mewujudkan kecakapan hidup ini ba-nyak faktor yang mempengaruhi antara lain status sosial ekonomi orang tua persepsi siswa atas lingkungannya dan prestasi belajar ekonomi siswa. Peme-rintah melalui penyelenggaraan pendidikan berusaha memberikan bekal pada siswa agar mempunyai pemahaman dalam setiap bertingkah laku yang positif tanpa terpengaruh oleh faktor-faktor yang dapat merugikannya sehingga mampu berperilaku yang rasional termasuk dalam berkonsumsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan persepsi siswa atas lingkungannya terhadap perilaku konsumsi yang diintermediasi prestasi belajar ekonomi siswa SMA se Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa SMA se Kota Malang. Populasi penelitian mencapai 2.178 individu. Dengan tehnik multi stage random sampling diperoleh sampel sebesar 263 individu. Data diperoleh melalui kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur atau (path Analisis) dengan bantuan program aplikasi SPSS 15.00 for windows. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 39 5% siswa yang berperilaku konsumsi kurang rasional. Ini disebabkan pengaruh lingkungan yang lebih kuat karena 35 7% siswa mempunyai persepsi yang positif terhadap lingkungannya dan 31 6% siswa mempunyai orang tua yang berstatus sosial ekonomi tergolong sedang. Sedangkan untuk prestasi belajar ekonomi sebanyak 35 4% siswa mem-punyai prestasi belajar ekonomi yang tinggi. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa (1) Secara langsung (a) Sta-tus sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa (b) Persepsi siswa atas lingkungannya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa (c) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif san signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (d) Persepsi siswa atas lingkungannya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi (e) Prestasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa (2) Secara tidak langsung maupun pengaruh total (a) Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi yang diintermediasi oleh prestasi belajar ekonomi siswa SMA sekota Malang (b) Persepsi siswa atas lingkungannya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi yang diintermediasi oleh prestasi belajar ekonomi siswa SMA sekota Malang. Bertitik tolak dari penelitian ini maka diajukan beberapa saran yang diper-kirakan dapat meningkatkan pola perilaku konsumsi siswa yang rasional. Saran yang diajukan tersebut adalah (1) Untuk guru ekonomi dalam memberikan materi sebaiknya tidak hanya pengetahuan ( Instructional effect) tetapi juga materi-ma-teri yang berkaitan dengan perubahan sikap ( Nurturance Effect) sehingga siswa mampu berperilaku yang rasional termasuk dalam berkonsumsi (2) Untuk orang tua dan orang-orang yang berada di lingkungan sekitar siswa hendaknya mem-berikan nurturance effect khususnya dalam berkonsumsi sehingga siswa akan lebih mampu untuk berperilaku konsumsi yang rasional seperti yang dicontohkan oleh orang- orang yang berada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61109

Actions (login required)

View Item View Item